Tips Merawat Earphone Biar Nggak Cepat Rusak

Kamu pengguna smartphone tentunya sudah sangat akrab dengan benda mungil yang satu ini, yaitu earphone. Dengan earphone, kamu bisa mendengarkan musik tanpa perlu takut mengganggu orang lain disekitar. Kamu juga bisa menilpun pacar tanpa takut omongan pacar didengar oleh orang lain.

Pokoknya, earphone adalah salah satu aksesoris wajib untuk para pengguna smartphone.

Namun karena ukurannya yang kecil, earphone sangat mudah rusak. Karenanya, kamu harus memperlakukan earphone dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk merawat earphone.

Bersihkan, Jangan Sampai Kotor

Debu adalah kotoran kecil yang dapat hinggap dimana saja, dan akan menempel dalam waktu yang lama di tempat-tempat kecil seperti lubang earphone. Kamu tidak boleh menyepelekannya.

Bersihkan lubang earphone. Jangan sampai ada debu yang menumpuk. Jika dibiarkan, itu akan membuat earphone kamu tidak bisa se-joss seperti pertama kali dibeli. Dan lama-kelamaan, suaranya tidak bisa terdengar lagi.

Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan lubang earphone. Oh, ya, jangan lupa juga untuk membersihkan hati dan pikiran ya ?

Jauhkan Dari Air

Earphone adalah benda elektronik juga. Terdapat komponen elektronika yang alergi air didalamnya. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati. Jangan taruh ditempat-tempat yang ada airnya.

Ketika kamu sedang kehujanan, jangan hanya dimasukkan ke kantung saja. Pastikan bahwa kamu menaruh earphone ke dalam plastik agar terhindar dari air.

Jangan Simpan Earphone dengan Keadaan Kabel yang Semrawut

Terkadang, ketika sedang terburu-buru kamu akan menyimpan earphone ke dalam kantung dengan kondisi kabel yang dibiarkan semrawut. Padahal hal itu bisa membahayakan earphone.

Dengan kabel yang dibiarkan semrawut, maka kabel earphone tersebut berpotensi putus. Akibatnya earphone tidak akan bisa lagi digunakan.

Jadi ketika ingin menyimpan earphone, pastikan kamu menggulung kabelnya dengan benar dan rapih.

Gunakan Secara Wajar

Maksudnya gunakan secara wajar adalah jangan sampai kamu terlalu keras ketika menggunakannya untuk mendengarkan musik. Selow saja. Toh dengan suara yang tidak terlalu keras pun musik masih tetap dapat didengarkan dengan baik.

Gunakan Wadah Bawaan Earphone

Jaman now setiap pabrikan earphone melengkapi earphone buatannya dengan box khusus untuk menyimpannya. Seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah ini.

Nah, kamu bisa menggunakan wadah tersebut agar kabelnya tidak semrawut yang bisa menyebabkan earphonenya rusak.

Itu dia tips singkat yang bisa kamu lakukan agar earphone kesayangan kamu tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, kamu bisa terus mendengarkan lagu Young Lex dan Awkarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.