ASUS Zenfone Max Pro M2

2 Addon Untuk Block Cryptocurrency Mining di Web Browser

iQbal kHan | Berita | 22 Nov, 2017

Jadi gini hari ini heboh ada aktifitas Cryptocurrency Mining di salah satu website, ane juga gak paham aktifitas itu memang dilakukan website tersebut atau memang dilakukan oknum yang nyusup atau bagaimana. Namun hal itu memang sangat gurih dimana sekarang 1 Bitcoin diatas 100 juta.

Apasih dampaknya jika situs kita ditumpangin Cryptocurrency Mining ? efeknya biasanya load Komputer atau PC kita akan sangat2 tinggi. Dulu sebelum era Cryptocurrency Mining ini boming banyak yang nginjek komputer itu untuk kebutuhan DDOS namun mungkin sekarang orang sudah pinter DDOS itu gak ada duitnya kecuali pesenan :mrgreen: . Maka dari itu jika komputer kamu kok merasa lemot dll ya coba di scan menggunakan aplikasi2 anti malware. Sebenarnya tidak ada yang dirugikan dalam artian pencurian data atau bagaimana. hanya kita seperti ditumpangin aja. Rasanya ditumpangin kan kayak ketiban tiang listrik gitu, pasti berat.

Ibaratnya ada orang tahu-tahu tampa sepengetahuan kita jualan buka cabang dihalaman kita tanpa izin, secara keamaan dia gak masuk dalam rumah kita tapi aktifitas jualan dihalaman rumah kita tentu mengganggu rumah kita menjadi bising karena buat jualan, mungkin ilutrasi mudahnya gitu.

Nah  yang banyak numpang Cryptocurrency Mining lewat Web Browser biasanya situs enak enak atau situs parno, situs judik, situs toreng dll dll. Namun masih ada perdebatan juga, ada sebagian yang menggap itu hal yang bisa dimaklumi ketika disitus fovorit yang meenjadi rujukan, karena menggap itu salah satu cara dia memonetasi websitenya dan pengunjung merasa tidak keberatan load CPU nya menjadi tinggi. Situs yang menjadi perdebatan itu adalah situs Pirate Bay dengan numpang Cryptocurrency Mining  beberapa bulan silam.

Untuk menghindari itu ada 2 Addon yang bisa temen2 gunakan, Secara sistem kerja addon ini mendeteksi script yang akan dia load dibrowser kita sehingga jika ada script itu otomatis akan dicegat atau tidak diload dan memberikan informasi.

1. Gunakan No Coin Chrome Extension

Memasang ekstensi Chrome adalah metode yang paling mudah untuk menghentikan  penambangan koin di peramban web. No Coin adalah salah satu solusi gratis. Ekstensi open-source ini adalah cara yang andal dan aman untuk mengontrol bagaimana sebuah situs web berinteraksi dengan browser web kamu.

Segera setelah kamu mengunjungi situs web, No Coin yang akan mendeteksi dan menunjukkan apakah ada aktivitas semacam itu yang terjadi. Kamu akan melihat simbol merah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Meskipun ekstensi ini menghalangi aktivitas semacam itu, namun juga memungkinkan Anda memasukkan ke dalam daftar putih situs web untuk jangka waktu tertentu.

Download No Coin Chrome Extension Disini 

2. Gunakan ekstensi Chrome minerBlock

Sama seperti No Coin, ekstensi Chrome minerBlock adalah alat open-source lain yang dapat kamu gunakan untuk memblokir penambangan kriptocurrency di browser web. Ekstensi ini saat ini mencantumkan beberapa domain penambang populer ke dalam daftar mereka, dan mereka diharapkan menambahkan lebih banyak lagi setelah mereka mendapatkan popularitas.

Diatas bagaimana pemberitahuan minerBlock terlihat ketika ane mengunjungi situs yang terdeteksi menyisipkanCryptocurrency Mining. Untuk mendownload minerBlock bisa disini :