Kenapa Smartphone Kamu Tidak Mendapatkan Update? Dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

  • Share

Dari waktu ke waktu, Google selalu merilis android versi terbaru secara rutin. Menambahkan fitur baru dan meningkatkan performanya. Tapi, tidak semua perangkat yang ada di pasaran bisa mendapatkan update. Bahkan kalau bisa dibilang, hanya smartphone kelas atas saja yang mendapatkan update.

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa sih smartphone saya ngga dapat update? Padahal baru beli 1 tahun lalu. Dan sekarang sudah ada android versi terbaru, tapi kenapa smatphone saya ngga kebagian update?

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa smartphone kamu tidak dapat update.

Pertama masalah “bisnis”.

Jadi, semua vendor smartphone (terutama yang menggunakan android) ingin agar smartphone-smartphone besutannya yang akan datang tetap dibeli orang-orang.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan tentu adalah dengan membatasi update sistem operasi pada smartphone yang telah dirilis sebelumnya.

Dengan begitu orang-orang akan bosan karena smartphone yang ia gunakan akan terasa usang. Mereka menginginkan android versi terbaru dan membeli perangkat terbaru adalah salah satu solusi terbaik.

Alasan kedua adalah masalah hardware.

Jika kamu beli smartphone dengan spesifikasi pas-pasan. Jangan harap akan dapat update android terus-terusan.

Itu karena android versi terbaru pasti menuntut hardware yang lebih baru dan mumpuni. Jadi jika ingin membeli smartphone berspesifikasi rendah, ketahui konsekuensi yang sat ini.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan ketika smartphone kamu tidak mendapatkan update android untuk selamanya?

Ada dua opsi. Pertama adalah beli smartphone baru. Selain menggunakan android versi terbaru, hardware juga pasti baru. Tapi kamu harus keluar uang.

Opsi kedua adalah menggunakan Custom ROM. Custom ROM adalah sistem operasi android hasil pengembangan pihak ketiga. Dari para developer yang sekedar iseng atau yang kurang puas dengan ROM buatan vendor.

Jika kamu tertarik menggunakan Custom ROM, ada banyak Custom ROM yang bisa kamu pilih. Sebagai pertimbangan, kamu bisa mencoba 5 Custom ROM terbaik ini.

Jadi, begitulah kura-kura.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.