ads

Ini Dia Deretan SSD Super Cepat yang Diperkenalkan Pada Ajang CES 2018

Yus Yulianto | Berita | 12 Jan, 2018

Sebagai manusia yang hidup dijaman smartphone dan komputer, kita menciptakan dan menyimpan data setiap harinya. Mulai dari foto, dokumen, video, dan masih banyak lagi. Saat ini harddisk eksternal adalah salah satu pilihan utama kita untuk menyimpan banyak data.

Tapi seiring dengan perkembangan jaman, kita membutuhkan media penyimpanan yang lebih portable tapi dengan kapasitas yang juga tidak kalah dengan harddisk. Dan salah satu media yang tepat adalah SSD atau Solid State Drive.

SSD selain ukurannya lebih kecil dari harddisk konvesional, kecepatannya dalam transfer data juga lebih tinggi.

Hal ini membuat SSD lebih gampang untuk dibawa kemana-mana, juga lebih dapat diandalkan, terutama untuk kamu yang selalu mengedepankan kecepatan.

Nah, diajang CES 2018 ini, ada beberapa pabrikan yang memperkenalkan produk SSD terbaru mereka. Berikut ini adalah beberapa SSD yang turut meramaikan ajang CES 2018.

Dell Portable Thunderbolt 3 SSD

Dell mengklaim bahwa SSD buatannya ini merupakan SSD paling tipis dan ringan, tebalnya hanya 0.8 inci dengan panjang 4 inci. Dengan teknologi Thunderbolt 3, SSD ini bisa mentransfer data dengan kecepatan 2,650MBps.

SSD buatan Dell ini tersedia dalam dua varian rasa, maksud saya varian penyimpanan, yaitu 500GB dan 1TB. Harganya sekitar $439 untuk yang 500GB, dan $799 untuk yang 1GB.

Masing-masing diberi garansi 3 tahun.

Plugable Thunderbolt 3 SSD

Dengan kapasitas 480GB, SSD eksternal ini memiliki kecepatan baca 2,400MBps dan tulis 1,200Mbps melalui Thunderbolt 3. SSD ini kompatibel dengan laptop terbaru yang sudah mendukung Thunderbolt 3, termasuk Macbook, iMac, dan seri Dell XPS.

Tapi tenang saja, SSD ini juga bisa digunakan jika laptop kamu masih menggunakan USB-A. Cukup beli dongle tambahannya saja. Belum ada kepastian mengenai harga SSD ini.

Patriot EVLVR Thunderbolt 3 Portable SSD

Selanjutnya ada Patriot EVLVR Thunderbolt 3 Portable SSD. Kecepatan bacanya mencapai 1,500MBps dan tulisnya mencapai 1,000MBps. Ukurannya juga cukup kecil, sama seperti yang ditawarkan oleh Dell.

SSD ini akan diluncurkan secara resmi pada Maret 2018 nanti dengan pilihan kapasitas 256GB, 512GB, dan 1TB. Harnya sekitar $200, $290, dan $490.

Mana yang ingin kamu beli?