ASUS Zenfone Max Pro M2

10 Web Hosting Indonesia Terbaik 2018

Taufiq Hasan | Berita | 24 Feb, 2018

Bisnis online ada banyak macamnya, ada yang jualan, dropship, makelar, ngeblog, trading, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis bisnis online tentu nggak semuanya butuh sebuah website, tapi kalau kamu memang butuh personal branding di internet, maka mempunyai website sangatlah disarankan, karena kamu bisa memiliki nama domain dengan nama kamu sendiri. Keren kan?

Website bisa dimanfaatkan dengan fleksibel, dari yang hanya satu halaman saja, biasanya ini untuk halaman profil, sampai sebuah website e-commerce sederhana yang bisa menghandel transaksi jual-beli. Nah, karena kebutuhan yang bermacam-macam itulah banyak layanan web hosting yang menyediakan paket yang super murah sampai yang mahal banget.

Sekarang tinggal diteliti lagi seberapa besar kebutuhan dan pentingnya website yang akan kamu buat. Tentu pertimbangannya akan berbeda untuk sebuah website pribadi (blog) dengan website untuk jualan. Semakin mahal paketnya, seharusnya semakin bisa diandalkan.

Dari sekian banyak web hosting di Indonesia, saya berhasil menemukan 10 yang menurut saya bisa menjadi pertimbangan jika kamu sedang membutuhkan. Saya akan coba rangkum dengan singkat tentang fitur-fitur yang ditawarkan disesuaikan dengan standar hosting saat ini.

1. Hostinger

Merupakan perusahaan layanan web hosting kelas dunia yang sudah masuk ke pasar Indonesia. Didirikan pada tahun 2004 dengan nama Hosting media, lalu 2007 berubah menjadi 000webhost.com, 2007 menjadi hosting24.com, dan akhirnya 2011 baru menggunakan nama hostinger dengan pengguna lebih dari 1 juta.

Hostinger menawarkan domain, paket shared hosting dan VPS. Pilihan paketnya murah-murah, cocok untuk memulai sebuah website. Paket paling recommended dari Hostinger adalah Web Hosting Premium, cocok untuk kamu yang baru mau mulai maupun mau pindah dari hosting lain. Paket ini punya spesifikasi yang nyaris unlimited semuanya, dan masih ditambah gratis domain jika kamu bayar setahun sekalian, harganya cuma Rp29.950 per bulan.

Dengan jutaan pelanggan di seluruh dunia, tentu sudah cukup untuk menjadi jaminan mutu.

2. Rumahweb

Perusahaan hosting yang satu ini juga bukan pemain baru, berdiri sejak 2002 di Yogyakarta. Saat ini memiliki lebih dari 30 server untuk melayani 14.000 domain pelanggan.

Dari beberapa paket yang ditawarkan, menurut saya sih yang oke untuk memulai website pribadi atau bisnis adalah paket Profesional Hosting yang Rp60.000 per bulan, karena kamu akan mendapatkan storage sebesar 2 GB dengan bandwidth tak terbatas dan bonus domain gratis.

Paket yang ditawarkan meliputi shared hosting, VPS dan WordPress hosting. Rumahweb juga melayani pembelian domain dong. Mungkin paket yang cukup menarik adalah WordPress hosting, saat ini juga mulai banyak layanan hosting menyediakan ini. Secara WordPress memang CMS paling populer saat ini.

3. Niagahoster

Niagahoster berdiri pada tahun 2013 dan saat ini memiliki 70.000 lebih pelanggan dengan 50.000 lebih domain yang aktif. Perusahaan yang berkantor di Yogyakarta ini menawarkan paket email hosting, shared hosting, VPS, dan WordPress hosting.

Kamu bisa memulai website kamu dengan Rp44.800 per bulan, kamu akan mendapatkan unlimited storage dan domain gratis.

Kamu akan mendapatkan free SSL pada setiap pembelian paket hosting. SSL ini sangat penting karena telah menjadi standar wajib yang harus ada pada sebuah website.

4. Jagoan Hosting

Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2007 dan memang dikhususkan bagi kamu yang ingin memulai sebuah website. Saat ini ada sekitar 25.000 pelanggan yang dilayani oleh Jagoan Hosting.

Silakan pilih paket Superstar biar nggak nanggung, karena kamu bisa dapat unlimited storage dan gratis domain .com. Harganya Rp25.000 per bulan.

Paket yang bisa dipilih adalah shared hosting dan VPS. Kalau kamu beli yang paket Superstar, maka kamu bisa dapat gratis domain .com. Setiap paket juga sudah dilengkapi dengan free SSL. Ada yang menarik nih di Jagoan Hosting, yang jarang disebut oleh perusahaan hosting, yaitu NVMe SSD, yang merupakan socket SSD paling kencang transfer datanya saat ini.

5. IDWebhost

IDWebhost berdiri pada tahun 2004 dan pada tahun 2009 berhasil mendapatkan akreditasi dari ICANN. Saat ini IDWebhost melayani lebih dari 75.000 klien dengan 122.000 domain aktif.

Paket yang recommended buat kamu yang mau memulai sebuah website adalah idPro, dengan paket ini kamu bisa mendapatkan storage 4 GB, bandwidth 75 GB per bulan, dan bonus domain dan SSL gratis. Harganya Rp53.900 per bulan.

Layanan yang ditawarkan adalah pembelian domain dan hosting. IDWebhost memberikan gratis SSL untuk pembelian mulai paket idMedium. Yang menarik dari IDWebhost adalah kamu bisa daftar jadi reseller domain dan ada juga layanan khusus untuk pembuatan website e-commerce.

6. Dewaweb

Dewaweb mempunyai banyak paket hosting, yaitu shared hosting, VPS hosting, SSL dan SEO tool. Tapi ada yang menarik dari layanan hostingnya, Dewaweb menyediakan hosting gratis untuk organissi non-profit.

Silakan pilih paket Warrior seharga Rp75.000 per bulan kalau mau memulai website bisnis kamu, karena spesifikasinya sudah oke. Kamu akan mendapatkan storage sebesar 2 GB dengan unlimited bandwidth.

Kamu juga akan mendapatkan free SSL dan domain untuk setiap paket yang kamu pilih, asal tetap menggunakan Dewaweb sebagai hostingnya.

7. Masterweb

Perusahaan hosting yang didirikan pada tahun 2004 ini telah melayani lebih dari 100.000 pelanggan. Menyediakan paket hosting dan pembelian domain, serta melayani reseller domain.

Kamu bisa memulai website kamu sendiri dengan Rp19.900 per bulan, dengan paket ini kamu akan mendapatkan storage sebesar 2 GB dan fitur lainnya yang serba unlimited.

Masterweb menyediakan paket dedicated server, ini artinya kamu akan mendapatkan resource dari sebuah server secara penuh. Hal menarik lainnya adalah layanan web1menit, ini merupakan sebuah web builder yang dikhususkan untuk pengguna ingin punya website tanpa ribet.

8. idCloudHost

idCloudHost menawarkan layanan cloud hosting, VPS, colocation, dan dedicated server. Yang menarik dari idCloudHost adalah kamu bisa ikut jualan domain dan hosting dengan program reseller. Cloud hosting yang ditawarkan cukup menarik, kamu bisa mulai dengan Rp15.000 per bulan, tapi jika kamu mulai serius saya sarankan untuk upgrade ke paket Basic Pro, kamu akan mendapatkan storage sebesar 3 GB, RAM 1 GB,  CPU 1 core, dan Bandwidth tak terbatas.

Setiap paket hosting disertai dengan domain dan SSL gratis.

9. DomaiNesia

Berdiri sejak tahun 2009, perusahaan ini memiliki lebih dari 32.000 klien. DomaiNesia menawarkan layanan pembelian domain, shared hosting, VPS dan WordPress Hosting.

Paket shared hosting Super  yang oke untuk memulai sebuah website bisa kamu miliki dengan harga Rp32.000, dengan paket ini kamu akan mendapatkan storage sebesar 2 GB dan fitur-fitur lainnya yang unlimited.

Untuk pembelian paket Super, kamu akan mendapatkan domain gratis dan akses SSH.

10. Indowebsite

Indowebsite sudah mengudara selama 12 tahun, saat ini memiliki sekitar 35.000 pelanggan aktif. Layanan yang ditawarkan meliputi web hosting, web builder, email hosting, pembelian domain, dan SSL. Paket shared hosting yang direkomendasikan mulai seharga Rp37.000 per bulan, dengan paket ini kamu mendapatkan storage sebesar 6 GB dan fitur lainnya yang serba unlimited.

Untuk layanan server sendiri, Indowebsite menyediakan dedicated, VPS, colocation, dan rack solution. Lalu untuk paket shared hostingnya juga menawarkan domain gratis mulai dari paket paling murah. Kamu juga bisa menjadi reseller domain dan hosting lho.