5 Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Di Smartphone Android

Selain boros baterai, smartphone juga terkenal boros internet jika dibandingkan dengan ponsel fitur. Itu karena sebagian besar aplikasi dan layanan yang ada di smartphone membutuhkan internet agar bisa digunakan secara maksimal.

Tapi untuk kamu yang ingin berhemat, sebenarnya bisa melakukan 5 cara dibawah ini. Cekidot.

1. Gunakan aplikasi tanpa iklan

Cara pertama ini terbilang sederhana, yaitu dengan cara menghindari menggunakan aplikasi yang ada iklan didalamnya. Karena ketika menampilkan iklan, aplikasi tersebut akan menggunakan internet.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari iklan adalah dengan menggunakan aplikasi open source atau berbayar. Biasanya dua aplikasi tersebut tidak menampilkan iklan didalamnya.

2. Batasi penggunaan data aplikasi

Android juga memiliki fitur bawaan yang bisa digunakan untuk melarang suatu aplikasi menggunakan internet dilatar belakang. Pergi ke setting lalu pilih App data usage.

Kemudian pilih aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin kamu batasi penggunaan data nya di latar belakang. Dengan begitu aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan bisa menggunakan internet dilatar belakang.

3. Gunakan aplikasi penghemat data

Ada cukup banyak aplikasi penghemat data yang bisa kamu download gratis di Google Play. Salah satunya adalah Datally yang baru-baru ini dirilis oleh Google.

Dengan aplikasi penghemat data ini, kamu bisa lebih menghemat penggunaan internet setiap bulannya.

4. Aktifkan fitur data saver jika kamu menggunakan Android Nougat atau yang lebih baru

Salah satu alasan kenapa kamu harus selalu update android adalah karena kamu akan mendapatkan banyak fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya.

Salah satu fitur baru yang ada di Android Nougat adalah fitur data saver. Kamu bisa menghemat penggunaan internet melalui fitur ini.

5. Pantau terus penggunaan data kamu

Jika keempat cara diatas sudah kamu lakukan, maka selanjutnya kamu bisa terus memantau penggunaan data. Di android sendiri sudah disediakan fitur untuk memantau penggunaan data.

Cukup masuk ke menu Setting > Wireless & Networks > Data Usage. Kamu bisa memantau penggunaan internet mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan data internet di smartphone kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu sering beli paket data.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *