ASUS Zenfone Max Pro M2

Mau Mulai Ngeblog atau Bikin Website? Ini Web Hosting yang Cocok buat Kamu

Taufiq Hasan | Tip & Trik | 24 May, 2018

Memiliki blog bukanlah hal yang spesial lagi untuk saat ini, siapa pun bisa memilikinya dalam hitungan menit, banyak layanan blogging yang sangat mudah digunakan dan gratis. Sayangnya nama domainnya jadi kurang oke kalau pakai yang gratisan, ya nggak? Biasanya cuma dapat subdomain yang kurang greget buat personal branding lah, apalagi kalau kamu pakai buat mendukung bisnis online.

Untuk menjalankan sebuah blog atau website dengan nama domain sendiri, ada dua cara:

– Beli domain tapi CMS (Content Management System) tetap menggunakan layanan gratisan seperti WordPress, Blogger, Tumblr, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu pointing domain ke server layanan tersebut. Jadi nanti URL blog berubah jadi namakamu.com, bukan namakamu.wordpress.com lagi.

– Beli domain tapi menggunakan layanan hosting berbayar, pilihan ini menawarkan kustomisasi yang lebih fleksibel. Cocok buat kamu yang ingin memulai serius menjalankan blog atau website yang butuh beberapa fitur tambahan atau ingin menggunakan desain tampilan sendiri. Oh iya, kalau bingung apakah nama domain yang kamu inginkan masih tersedia atau nggak, kamu bisa manfaatkan fitur cek domain dari Hosting24 ini.

Proses membeli domain dan hosting sudah nggak seribet beberapa tahun yang lalu, dan harga layanan hosting saat ini juga jauh lebih murah. Kamu bisa memulai sebuah blogΒ  atau website dengan 30 ribu per bulan. Salah satu layanan web hosting Indonesia yang punya kualitas oke adalah Hosting24, selain hosting murah, kamu juga bisa beli domain sekalian.

Hosting24 menyediakan layanan shared hosting dan VPS hosting. Shared hosting lebih mudah dikelola meskipun memiliki keterbatasan resource hardware, cocok untuk memulai blog atau website yang nggak butuh kustomisasi macam-macam dan pengunjungnya juga belum banyak. Sedangkan VPS bisa jadi pilihan kalau blog atau website butuh memasang software khusus pada server, dengan VPS kamu bisa mengelola lebih bebas, seperti memiliki sebuah komputer sendiri yang bisa di-restart dan dimatikan. VPS cocok untuk kalau kamu mau membangun sebuah website e-commerce sederhana dengan custom script untuk menambah fitur tanpa batas.

Oke kali ini saya mau bahas layanan shared hosting-nya saja ya, karena ini paling cocok buat kamu yang baru mau mulai menjalankan blog atau website.

Shared hosting yang ditawarkan Hosting24 cukup menarik, harga dan spesifikasinya pas. Berikut penjelasan paket-paketnya:

– Web Hosting Single

Ini merupakan paket paling murah, harganya cuma 30 ribu per bulan atau sekitar 360 ribu per tahun. Kalau baru mulai dari nol, saya sarankan ambil paket ini saja. Dengan paket ini kamu cuma bisa menjalankan satu website saja, besar kapasitas penyimpanan data 10 GB, bandwidth untuk lalu lintas data adalah 100 GB, satu database MySQL, satu user FTP, satu akun email, website builder, dan akses Control Panel.

Kelihatan terbatas sekali ya? Memang, tapi kalau kamu cuma mau menjalankan satu website, itu sudah cukup. Nah, kalau kebutuhan sudah meningkat tinggal upgrade paket.

– Web Hosting Premium

Kalau paket sebelumnya kurang, kamu bisa ambil paket yang ini, harganya 49 ribu per bulan, kira-kira 600 ribu setahun. Paket premium ini serba unlimited, semua fitur yang ada di paket Single jadi unlimited semua di sini. Masih ada plusnya, yaitu optimasi WordPress untuk meningkatkan performa biar diakses jadi lebih cepat, pas banget buat yang mau pakai WordPress. Kamu juga bisa dapat domain gratis dengan membeli paket ini langsung setahun atau lebih. Menarik banget nih.

– Web Hosting Bisnis

Ini merupakan paket paling tinggi, namanya juga Bisnis, paket ini disediakan untuk kamu yang serius membangun bisnis dan nggak mau kompromi dengan segala macam masalah teknis pada website. Maksudnya, meskipun kamu sudah memilih spesifikasi hosting yang paling oke, tentu ketika website berjalan tetap bakal ada masalah-masalah teknis yang perlu diatasi. Dari sisi fitur, paket ini sama dengan paket Premium, semua juga unlimited. Tapi dengan paket Bisnis ini kamu dapat dukungan Live Chat dan fitur Backup harian. Live chat akan sangat membantu ketika ada masalah teknis, jadi kalau ada apa-apa tinggal tanya atau minta tolong saja biar cepat beres. Lalu Backup harian juga sangat penting ketika apesnya ada masalah yang fatal yang menyebabkan data hilang atau rusak. Persiapan paling tepat ya dengan Backup harian itu. Oh iya, paket ini juga memberikan optimasi performa WordPress yang lebih kencang daripada paket Premium.

Beberapa fitur yang bakal kamu dapatkan pada semua paket adalah sebagai berikut. Beberapa memang sudah menjadi standar industri web hosting dunia sih.

– Dukungan CS 24 jam

– Jaminan uang kembali

– Migrasi webste gratis, membantu banget kalau kamu website kamu sekarang sudah jalan di layanan hosting lain dan pengen pindah ke Hosting24

– Gratis SSL, khusus buat yang beli sekalian setahun. Ini penting banget lho, karena dengan SSL blog atau website kamu nanti bisa diakses dengan https, dan ini wajib hukumnya demi reputasi dan SEO.

– Server uptime 99.9%, ini berarti website kamu dijamin bisa diakses kapan saja, kecuali pas nggak. πŸ˜€

– Standar teknis terbaru seperti cloud SMTP, firewall, http2, dan lain sebagainya yang penting untuk mendukung performa dan keamanan hosting.

Memiliki sebuah blog atau website di era serba online seperti sekarang merupakan sebuah keniscayaan, nggak usah ribet-ribet memikirkan konten, dibikin simpel saja. Kalau nggak suka nulis tapi sukanya menggambar ya pajang karya visual kamu, kalau sukanya video ya pajang video terbaik kamu, atau cuma mau buat majang profil juga boleh sekalian buat personal branding. Blog nggak melulu tentang artikel panjang, website juga nggak melulu tentang perusahaan yang memajang segala prestasinya.

Tunggu apa lagi? Buruan bikin blogmu sekarang juga!