ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

Yus Yulianto | Android | 01 Aug, 2018

Seiring dengan perkembangannya, smartphone semakin canggih saja. Salah satu buktinya adalah semakin banyak sensor yang dibawa oleh smartphone. Salah satunya adalah sensor sidik jari. Sama seperti namanya, fungsi utama dari sensor ini adalah untuk mengenali sidik jari kamu. Selanjutnya, sidik jari kamu itu bisa digunakan untuk membuka kunci layar, otentifikasi ketika transaksi, dan masih banyak lagi.

Nah, fungsi untuk membuka kunci layar bisa dikatakan adalah salah satu fungsi yang sangat mempermudah kita dalam menggunakan smartphone.

Selain membuat smartphone jadi lebih aman, proses membuka kunci layar juga jadi lebih cepat jika menggunakan sidik jari.

Kalau biasanya membuka kunci menggunakan pola butuh 2 hingga 4 detik, maka membuka kunci layar menggunakan sidik jari hanya membutuhkan waktu 1 detik saja, bahkan kurang.

Untuk kamu yang baru saja membeli smartphone yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari tapi belum tahu bagaimana cara menggunakannya, tutorial ini untuk kamu.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka menu pengaturan di smartphone android kamu. Lalu pilih opsi “Keamanan & lokasi”.

2. Berikutnya gulir ke bawah dan cari opsi “Sidik jari”. Klik menu tersebut. Kalau tidak ada opsi tersebut, mungkin karena smartphone kamu tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari.

3. Berikutnya klik opsi “Tambahkan sidik jari”. Kalau sebelumnya kamu sudah pernah menambahkan sidik jari, maka kamu akan melihat tulisan “Jari 1”, kalau belum maka tidak ada.

4. Selanjutnya akan ada arahan, yaitu kamu harus menempelkan jari kamu ke pemindai sidik jari. Kemudian lepas, lalu tempelkan lagi, dan seterusnya. Ikuti arahannya hingga sidik jari kamu berhasil dikenali oleh smartphone.

5. Kalau sidik jari kamu sudah berhasil dikenali, klik “Selesai”.

6. Nah, berikut ini adalah tanda bahwa sidik jari kamu telah berhasil ditambahkan.

Untuk mengujinya, cobalah kunci layar smartphone kamu. Kemudian coba buka dengan menempelkan jari kamu ke pemindai sidik jari.

Kalau kunci layar terbuka, itu artinya sidik jari kamu sudah dikenali oleh smartphone.

Kini kamu bisa membuka smartphone dengan lebih mudah.

Jika dibandingkan membuka smartphone menggunakan pin, pola atau pun password, maka sidik jari jauh lebih praktis.

Apalagi untuk kamu yang sering buka tutup smartphone, fitur ini tentu akan sangat berguna.