Wajib Tahu! Ini Dia Pertolongan Pertama Pada Smartphone yang Terkena Air

Pastinya kamu semua akan cemas kan, jika smartphoen kesayangan kamu terkenak air dan tidak bisa dioperasikan seperti biasanya lagi? Smartphone adalah salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup rentan dengan air. Walaupun sudah ditemukan sebuah teknologi anti air, tetapi mengingat harga yang tidak murah, sehingga tak semua smartphone dapat menggunakan fitur tersebut, apalagi untuk sebuah smartphone kelas bawah.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas lebih detailnya tentang beberapa tips atau pun cara yang bisa kamu lakukan ketika smartphone terkena air.

Seperti apa tipsnya? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Ambil smartphone kamu lalu matikan

Jika smartphone kesayangan kamu terkena air, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengambil ponsel tersebut kemudian mematikannya.

Mengapa? Agar tidak terjadi konsleting dan airnya tidak masuk secara berlebih pada smartphone. Maka kami sarankan agara segeral mengambil smartphoen dan matikan.

Lepaskan baterai smartphone kamu

Langkah awal yang juga harus kamu lakukan ketika ponsel kamu terkena air adalah melepas bagian back covernya, lalu keluarkan baterainya juga. Ini adalah langkah yang bisa kamu lakukan bagi kamu yang mengenakan baterai berjenis removable.

Lepaskan memori eksternal dan SIM card

Agar proses pengeringan dapat berjalan dengan masksimal, maka bisa dengan melepas Memori Card dan juga SIM card dari tempat asalnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar supaya memori card dan juga SIM card kamu tidak terkena korosi serta jangan lupa untuk memastikan agar data kamu tetap aman.

Selain ini, langkah ini juga dilakukan pada perangkat dengan batera removable atau pun non removable.

Keringkan menggunakan bahan yang memiliki sifat menyerap air

Nah, salah satu bahan yang memiliki sifat air disekitar kita adalah beras. Langkah yang paling mujarab guna mengeringkan smartphone kamu yang terkena air caranya cukup mudah sekali, yaitu kamu harus bisa memasukan smartphone kamu kedalam 1 mangkuk beras selama beberapa jam.

Tetapi supaya lebih efektif, kamu bisa membolak-balikkan ponsel kamu, supaya penyerapannya juga lebih merata.
Akan tetapi, sebagai langkah alternatif adalah kamu juga bisa mengeringkan perangkat kamu di bawah sinar lampu hingga larut malam agar supaya air yang ada pada smartphone bisa cepat kering.
Silakan nyalakan perangkat kamu

Setelah smartphone kamu sudah benar-benar kering, maka kamu bisa memasang kembali baterai, SIM card dan juga Memori Card pada perangkat kamu. Setelah itu, kamu bisa mencoba menyalakan perangkat kamu. Jika berhasil, maka smartphone kamu akan menyala dan juga bisa berfungsi sebagai mana mestinya, tetapi jika gagal maka segeralah bawa ke service center yang terpercaya. 

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilannya adalah banyak sedikitnya air yang masuk ke dalam ponsel tersebut, jika hanya terkena cipratan saja, atau pun hanya terkena sedikit air hujan kemungkinan berhasil akan jauh lebih tinggi.

Itulah ulasan yang dapat kami berikan untuk kamu tentang cara jitu atasi smartphone yang terkena air, semoga bisa menginspirasi dan juga bermanfaat untuk kamu semuanya.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *