Ternyata Dark Mode Bisa Membuat Baterai Smartphone Android Jadi Lebih Hemat

Tahun ini Google telah menambahkan fitur Dark Mode pada beberapa aplikasi Android. Hal itu bertujuan untuk melindungi mata pengguna dari warna putih yang digunakan dalam Material Design Android versi baru. Tak hanya itu, tujuan lainnya adalah penggunaan Dark Mode disebut mampu membuat baterai menjadi lebih awet.

Yap, namun tidak semua smartphone Android bisa menjadi lebih awet baterainya jika menggunakan Dark Mode. Dark Mode sendiri baru bisa membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat jika digunakan pada smartphone yang sudah mengusung panel layar AMOLED. Hal itu disebabkan karena panel layar AMOLED tidak membutuhkan backlight seperti halnya panel layar LCD. Bila warna yang ditampilkan adalah hitam, maka pixel pada layar AMOLED sama sekali tidak menyala. Jadi, semakin banyak warna hitam yang ditampilkan, maka akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih irit.

Google sendiri mengungkap hal itu dalam Android Dev Summit yang digelar pada minggu ini. Selain itu, Google juga mengajak para pengembang aplikasi Android agar mereka memberikan fitur Dark Mode pada aplikasi buatannya.

Memangnya seberapa irit, sih, penggunaan Dark Mode? Berdasarkan data dari Google, penggunaan Dark Mode pada misalnya aplikasi YouTube, bisa menghemat baterai hingga 14% lebih hemat bila dibandingkan dengan penggunaan normal. Namun jika tingkat kecerahan diatur secara maksimal (100%), maka kehematan baterainya bisa mencapai 60%. Contoh lain misalnya pada aplikasi Google Maps. Bila fitur Dark Mode diaktifkan maka tingkat konsumsi baterainya bisa lebih hemat hingga 63%.

Nah, bila smartphone Android kamu sudah menggunakan layar AMOLED dan sudah ada fitur Dark Mode pada aplikasi yang terpasang, mungkin kamu bisa mengaktifkan fitur Dark Mode untuk menghemat penggunaan baterai.

via PhoneArena

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *