Huawei Y7 Pro vs Realme 2: Mana yang Lebih Cocok Buat Kamu?

Segmen ponsel value for money selalu menarik untuk diperbandingkan karena ponsel di kelas ini menjadi perangkat yang paling laris manis dan paling banyak peminatnya di Indonesia. Kali ini penulis ingin mentarungkan antara Huawei Y7 Pro yang baru saja dirilis pada Januari lalu melawan smartphone besutan Oppo dibawah naungan nama brand Realme.

Ponsel Huawei Y7 Pro dan Realme 2 berada di kisaran harga yang sama. Oleh karena itu, kelihatannya layak kalau kita melakukan perbandingan Huawei Y7 Pro dan Realme 2.

Kita sudah kenal siapa Huawei. Merk handphone ini berhasil menggebrak dunia ponsel dengan P20 yang memakai sistem 3 kamera belakang pertama di dunia. Sementara nama Realme terhitung cukup baru. Yah, sebenarnya tidak benar-benar baru. Realme dulu berada di bawah bendera OPPO sebelum menjadi merk independen pada tahun 2018

Kalau ada yang heran kenapa bukan membandingkan yang sama-sama memakai nama “pro”, ya karena Huawei Y7 Pro dan Realme 2 memiliki harga sebanding, yaitu sekitar Rp 1,9 jutaan. Sedangkan Realme 2 Pro harganya sudah di atas plafon ini.

Layar

Kedua ponsel ini sama-sama memiliki layar bezel-less dengan poni di bagian atas. Bedanya, Huawei Y7 Pro menggunakan desain tetes air (waterdrop notch) sedangkan Realme 2 menggunakan takik konvensional (Realme 2 Pro yang memakai waterdrop notch).

Huawei Y7 Pro memiliki layar 6,26 inci dengan resolusi HD+ 1520 x 720, rasio 19:9, dan ketajaman ~269 ppi. Sedangkan Realme 2 memiliki layar 6,2 inci dengan resolusi HD+ 1520 x 720, rasio 19:9, ketajaman ~271 ppi, dan menggunakan Gorilla Glass 3.

Diatas kertas, Huawei Y7 Pro unggul disini karena memiliki bentang layar yang lebih besar. Layar yang besar itu memang setara dengan segmennya yakni Bigger Screen, Bigger Aperture dan Bigger Battery.

Spesifikasi Internal

Harga yang sama biasanya juga mencerminkan dapur pacu yang setara. Dari segi spesifikasi internal, kedua ponsel ini masuk di kelas “pemula”.

Huawei Y7 Pro dan Realme 2 sama-sama memakai chipset Snapdragon 450 (CPU quad-core Cortex A53 dan GPU Adreno 506). Huawei Y7 Pro tersedia dengan kombinasi RAM 3GB dan penyimpanan 32GB, sementara Realme 2 punya 2 pilihan, 3GB/32GB dan 4GB/64GB (versi yang lebih besar harganya sedikit lebih tinggi).

Sedikit perbedaan ada di dukungan kartu memori microSD beserta slotnya. Huawei Y7 Pro mendukung microSD sampai 512GB. Dan tidak perlu gusar, karena itu bukan hybrid slot melainkan Anda bisa memasang dua slot SIM sekaligus beserta micro SD.

Sedangkan Realme 2 mendukung microSD sampai 256 GB, dan slot khusus untuk masing-masing 2 kartu SIM dan microSD.

Dari sisi baterai, Huawei Y7 Pro memiliki baterai 4000 mAh, sedangkan Realme 2 memiliki baterai 4320 mAh. Hm, beda tipis. Oya, keduanya tidak memiliki fitur fast-charging.

Namun untuk Huawei Y7 Pro mampu di charge hanya satu kali dan bertahan hingga 2 hari.

Kamera

Nah, biasanya kamera menampilkan sesuatu yang menarik. Kedua ponsel ini sama-sama menggunakan kamera ganda dengan kamera kedua sebagai depth sensor.

Spesifikasi kamera

Huawei Y7 Pro memiliki kamera ganda 13MP (f/1.8, PDAF) + 2 MP (depth sensor). Sedangkan Realme 2 memiliki kamera ganda 13MP (f/2.2, AF) + 2MP (f/2.4, depth sensor). Kedua ponsel sama-sama memiliki lampu kilat LED, mendukung HDR dan Panorama, juga rekaman video 1080p@30fps.

Lalu Huawei Y7 Pro memiliki kamera selfie sebesar 8MP dengan aperture f/2.0 yang mendukung HDR dan rekaman video 1080p@30fps. Di sisi lain Realme 2 memiliki kamera selfie 8MP (f/2.2) yang mendukung HDR.

Di atas kertas, hasil foto Huawei Y7 Pro akan terlihat lebih terang dan bisa menghasilkan depth of field lebih baik karena bukaan yang lebih besar. Begitu juga dengan kamera selfie-nya, Huawei Y7 Pro mampu menghasilkan gambar yang terang dan cantik.

Hasil Foto

Hasil foto Realme 2

Hasil foto Huawei Y7

Kamera dan hasil foto biasanya memberi sesuatu yang menarik. Begitu pun di perbandingan Huawei Y7 Pro dan Realme 2.

Yah, keduanya sama-sama punya hasil foto khas ponsel ekonomis. Artefak JPEG mudah terlihat dan rentang cahaya dan warna kurang lebar. Sangat mudah terlihat kontras dengan beberapa bagian overexposed.

Huawei Y7 Pro memiliki hasil foto dengan warna yang lebih “keluar”. Istilahnya, tingkat saturasinya lebih tinggi. Hal ini membuat foto terlihat lebih “hidup”. Sedangkan Realme 2 menghasilkan foto dengan warna sedikit pudar (wash out) dan terlihat lebih datar, kurang berdimensi (flat).

Hal ini terjadi baik untuk hasil foto kamera belakang, baik outdoor maupun indoor, dan kamera depan untuk selfie. Di sisi kamera, kelihatannya ponsel Huawei Y7 Pro memiliki keunggulan cukup signifikan.

Fitur Lain

Hm, apalagi yang bisa kita lihat dari kedua ponsel ini? Keduanya sama-sama memakai Bluetooth 4.2, sama-sama punya colokan audio dan micro USB, punya GPS, punya sensor accelerometer, proximity, dan compass.

Kedua ponsel ini juga menawarkan dukungan unlock smartphone dengan face unlock. Seperti diketahui ini adalah fitur face unlock adalah cara yang lebih mudah dan canggih serta kekinian yang sekarang ini merebak di ponsel pintar. Rasanya dengan fitur face unlock yang baik, membuka smartphone dengan fingerprint sudah terasa tidak begitu istimewa.

Disisi lain lain Realme 2 menawarkan fitur fingerprint sensor. Namun Huawei Y7 Pro memiliki fitur Face Unlock yang sangat cepat untuk membuka kunci meskipun dalam keadaan gelap.

Kesimpulan

Bisa kamu lihat, perbedaan di antara dua ponsel ini cukup tipis. Dalam penggunaan sehari-hari mungkin tidak terlalu terasa berbeda. Namun ada karakteristik tertentu yang bisa kita lihat.

Dari segi fitur, Realme 2 punya keunggulan dengan slot kartu SIM dan microSD yang lebih bebas, baterai sedikit lebih besar, dan punya sensor sidik jari. Kalau kamu menggunakan hal di atas, Realme 2 jelas jadi pilihan.

Di sisi lain, Huawei Y7 Pro punya keunggulan di beberapa area khusus. Dukungan microSD yang lebih besar dan hasil foto yang lebih baik. Kamu bisa lebih leluasa memanfaatkan gaya komunikasi kamu semisal kamu yang memang memasang dua SIM sekaligus dalam satu ponsel untuk berkomunikasi.

Disaat bersamaan kamu tetap bisa memasang SD Card di ponsel tanpa harus mengorbankan slot SIM card. Disamping itu, kemampuan kamera pada Huawei Y7 Pro juga lebih mumpuni melampaui Realme 2. Baik di depan maupun di belakang berkat. Dan untuk kamu yang doyan bergaya dengan foto portrait, kemampuan bokeh pada smartphone ini jga bisa diandalkan.

Semoga penjabaran kami cukup membantu. Silakan pertimbangkan baik-baik dan selamat berbelanja.

 

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *