ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Tool Terbaik Untuk Menganalisis Penggunaan Disk Komputer

Radityo | Aplikasi/Games | 27 Aug, 2019

Semakin lama penggunaan suatu komputer maka akan semakin membebani kinerja dari komputer itu sendiri. Tidak hanya itu saja, hal tersebut tentu saja juga akan membebani ruang pada disk penyimpanan yang menyebabkan kapasitas menjadi semakin kecil.

Nah, agar kamu bisa memantau seberapa lega disk penyimpanan pada suatu komputer maka kamu bisa menggunakan bantuan tool khusus. Yap, kali ini kami akan memberikan tool apa saja yang bisa diandalkan untuk menganalisis penggunaan disk pada komputer. Lantas apa saja tool tersebut?

1. WizTree

Tool pertama yang kami rekomendasikan bernama WizTree. Tool ini memiliki kinerja yang sangat baik dalam menganalisis penggunaan disk komputer. Menariknya lagi WizTree dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan sangat cepat sehingga tidak akan membuat waktumu terbuang percuma. WizTree sendiri support OS Windows XP, Vista, Windows 7, 8 dan 10, baik yang versi 32 bit maupun 64 bit. Tool ini juga mampu memindai semua jenis file sistem hard drive seperti NTFS, FAT, FAT32, network, dan lainnya. Silakan langsung saja klik link ini juga kamu ingin mengunduh WizTree.

2. JDiskReport

Tool berikutnya yang bisa diandalkan adalah JDiskReport. Berbekal tool ini kamu bisa mengetahui seberapa besar suatu file dan direktorinya mengkonsumsi ruang penyimpanan di komputer. JDiskReport akan menganalisa disk drive pada komputer dan mengumpulkan beberapa statistika agar kamu bisa melihatnya dalam bentuk grafik dan tabel yang detail. Tool ini sendiri membutuhkan Java agar bisa ter-install di komputer. Sedangkan untuk OS yang kompatibel adalah Windows, Mac, Linux, dan beberapa OS lainnya. Bila berminat mengunduh JDiskReport maka kamu bisa langsung mendapatkannya di laman berikut ini.

3. WinDirStat

WinDirStat juga dapat diandalkan untuk menganalisis ruang pada disk komputer. Tool ini juga dilengkapi dengan fitur pembersih “sampah” yang biasanya ada pada disk komputer yang sudah memiliki umur lama. WinDirStat didesain agar memiliki user interface yang informatif sehingga kamu bisa membaca hasil pemindaian disk dengan mudah. Selain tersedia untuk OS Windows, tool ini juga tersedia untuk Linux dengan nama KDirStat atau QDirStat. Sementara untuk MacOS X tersedia dalam nama Disk Inventory X atau GrandPerspective. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tool ini kamu bisa langsung mengunjungi laman ini.

4. Directory Report

Tool bernama Directory Report ini tidak hanya handal dalam menganalisis penggunaan disk pada komputer, tetapi juga bisa diandalkan untuk menemukan file duplikasi dan mengubah nama file. Tool ini juga dirancang agar mudah untuk digunakan. Asyiknya lagi Directory Report juga memiliki kinerja yang kencang sehingga kamu bakal menghemat banyak waktu saat memindai disk pada komputer. Langsung saja kunjungi website ini jika kamu ingin mengunduh Directory Report.

5. TreeSize Free

Tool terakhir yang kami rekomendasikan adalah TreeSize Free. Tool ini tidak hanya bisa memindai disk pada komputer saja, tetapi juga bisa memindai disk pada smartphone dan perangkat mobile lainnya. TreeSize Free menawarkan grafik hasil pemindaian yang mudah dibaca sehingga tidak akan membuat bingung penggunanya. Tool ini sendiri kompatibel dengan beberapa versi Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows versi terbaru. Apabila ada yang berminat maka kamu bisa langsung mengunduh tool ini di alamat website TreeSize Free.