Cara Menampilkan Tanggal & Waktu Terakhir Konten Update di WordPress

  • Share
Cara Mudah Belajar WordPress Theme
Cara Mudah Belajar WordPress Theme

NGONOO.com; Dengan WordPress kita bisa dengan mudah melakukan modifikasi tampilan data Konten kita tanpa perlu melakukannya secara manual. Seperti kita ketahu, Layanan Blog yang bisa dibilang masih eksis dan masih sangat banyak digunakan adalah WordPress. Baik itu versi WordPress.com maupun versi Install WordPress.org. Pengembang dibelakangnya AutoMattic yang dimilliki MA.TT ini masih belanja dan akusisi sana sini, nambah fitur sana sini.

Pelanggan VIP nya pun masih saja tumbuh dengan baik. Dijaman terjangan Layanan Sosial Media yang banyak bermunculan, WordPress masih bisa Eksis hingga sekarang. Sehat Terus MA.TT semoga karyamu semakin bermanfaat.

Cara Menampilkan Waktu Update Terakhir Konten WordPress Kita
Cara Menampilkan Waktu Update Terakhir Konten WordPress Kita

Kembali ke Judul tulisan ini, saya itu kadang ingin nampilkan data lebih detail. Misalnya saya habis posting, di WordPress akan dikenal (di Template/Theme biasanya hanya akan menampilkan tanggal saya menerbitkan tulisan tersebut) nah masalahnya tidak seperti itu Ferquso, terkadang ada beberapa konten itu yang saya modifikasi ditengah jalan. Entah itu karena ada penambahan Konten baru atau modifikasi. Nah biar pembaca kita itu update atau mengetahui kalau konten yang telah terbit itu sudah melakukan beberapa perubahan, kita perlu menampilkan data tambahan.

Misalnya seperti di Tulisan kami dibawah ini

Tanggal Tayang Artikel Dan Tanggal Modifikasi
Tanggal Tayang Artikel Dan Tanggal Modifikasi

Dalam contoh diatas, Artikel kami pertama Tayang di 30 April 2015, tapi kami kemudian satu tahun lebih kemudian melakukan perubahan dimana tercatat 30 Agustu 2016, nah dengan memanfaatkan fitur bawaan WordPress kita bisa menampilkan data terserbut secara otomatis, tidak perlu melakukannya secara manual.

Yang jelas kita perlu sedikit mengenal Tags dan Kode WordPress yang ditulis dalam PHP dan edit Tema WordPress yang kita gunakan. Okay langsung saja

Pertama kita harus tau mau taruh dimana info update tersebut, pada umumnya tanggal atau info update akan ditampilkan di Halaman Single atau Halaman Artikel. Nah saya ambil Contoh Halaman Single. Maka kita perlu buka single.php di tema kita kemudian di cari Kode yang menampilkan Tanggal Posting. Kemudian setelah kode tanggal posting tambahkan kode ini.

Kalau kode ditas belum atau tidak tampil silahkan Akses di Halaman GitHub. Dari Kode diatas mudahnya adalah mengambil data dari the_modified_time()
dan menampilkannya di konten single kita. Setelah itu cukup simpan saja file single.php kalian dan silahkan di test dan tralala, informasi terakhir update akan tampil dengan sempurna.

Kode juga kami tulis di GitLab, untuk jaga-jaga jika di GitHub ada kendala.

Kalau tidak tampil bisa akses langsung ke halaman GitLab di tautan ini

Sekedar Catatan, kalau Artikel yang terbit tersebut belum pernah di Edit atau Modifikasi maka kode tersebut tidak akan menampilkan informasi. Jadi yang tampil hanya Tanggal Terbit saja dari kode bawaan single.php tersebut. Mudah bukan? Selamat mencoba

Update:

Kemarin Kode sempat tidak tampil di Tulisan (ataupun kalau tampil lokasinya dibawah jadi agak aneh) setelah kami telaah ternyata ada masalah dengan Jetpack Boost yang membuat KODE berhubungan dengan Javascript di eksekusi terakhir. Setelah semua halaman di LOAD jadi hasilnya nggak sip. Alhamdulillah masalah sudah terpecahkan <3

Photo by Fikret tozak on Unsplash

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.