Google One VPN Tersedia di Lebih Banyak Negara

  • Share
Google One VPN Di Android
Google One VPN Di Android

NGONOO.com; Google One Layanan Premium dari Google untuk Backup dan Juga aktifkan beberapa fitur tambahan termasuk Layanan VPN (Khusus untuk pelanggan 2 TB) sekarang bisa menikmati layanan VPN juga untuk Negara Non US (Amerika Serikat). Sebelumnya Layanan VPN ini hanya tersedia untuk negara Amerika Saja. Tapi dari beberapa informasi sekarang beberapa negara juga sudah bisa menikmati Layanan Google One VPN ini.

Saat ini Layanan Google One VPN ini baru tersedia untuk perangkat Smartphone Android. Untuk Desktop baik PC dan Mac ataupun Linux belum tersedia. Sistem Operasi Mobile lainnya seperti iOS (iPhone dan iPadOS) juga  belum bisa menikmati layanan ini.

Dalam Halaman resmi dari Dokumen Bantuan Google One menyebutkan kalau Negara Non Amerika yang sudah bisa menikmati layanan ini adalah Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Mexico, Spanyol dan Inggris Raya.

Cara Aktifkan Layanan VPN di Google One

  • Layanan VPN tersedia di Google One untuk pelanggan dengan Plan 2TB atau lebih tinggi
  • Untuk menggunakan VPN, Install Google One App di Android kalian (Pastikan Aplikasi Google One kalian sudah yang terbaru)
  • Setelah terinstall Google One Terbaru
  • Pastikan Sudah Login di Layanan Google One (dengan aktif di Member Plan 2TB) kalian kemudian masuk ke Menu Benefits dan ada fitur untuk aktifkan VPN (Enable VPN)
  • Setelah aktif kalian bisa aktifkan VPN dari menu Home Google One kalian
  • Mudah bukan?

Cara Bypass Aplikasi agar tidak Lewat Google One VPN

Google VPN Solusi Dari Google One Min
Google VPN Solusi Dari Google One Min

Perlu diketahui ketika VPN kalian Full Aktif, maka semua trafik dari Smartphone Android kalian akan dilewatkan ke Jalur VPN tersebut. Ada kalanya kita ingin aplikasi tertentu untuk tidak melalui jaringan VPN tersebut dan melalui jalur umum (walaupun hal itu sangat tidak direkomendasikan karena berkaitan dengan keamanan) tapi di Google One VPN fitur itu tersedia.

Ada beberapa alasana kenapa kita harus bypass trefik aplikasi kita untuk tidak melalui VPN, biasanya ini berkaitan dengan layanan2 dari Aplikasi tersebut seperti

  • Karena Website/Layanan dan Aplikasi tidak mengijinkan diakses melalui jalur VPN
  • Biasanya Layanan dari Mobile Provider seperti MyTelkomsel, MyXL, AxisNET dan masih banyak lagi membutuhkan informasi tidak melalui VPN
  • Ada kalanya Network Lokal (Intranet) kita tidak berfungsi ketika VPN sedang aktif.
  • Layanan Streaming tidak mengijinkan di Akses lewat VPN dan masih banyak lagi

Cara untuk aktifkan Bypass Aplikasi di Google One VPN adalah sebagai berikut.

PENTING: Sangat Tidak di rekomendasikan untuk Bypass web/aplikasi yang bisa jadi akan mencuri data kita.

  1. Buka Google One App
  2. Masuk menu Benefits/Keuntungan
  3. Cari Menu VPN dan tekan View details
  4. Kemudian masuk menu Settings > Allow apps to bypass VPN
  5. Tambahkan Aplikasi yang akan di Bypass
  6. Kemudian Simpan/Save
  7. Selesai
  8. Agar bisa Sukses bypass, pastikan Disconnect VPN terlebih dahulu baru kemudian nanti Connect lagi.

Semoga Layanan Google One VPN bisa juga segera bisa hadir di Indonesia. Sekedar Catatan kalau layanan untuk 2TB atau lebih ini setiap bulannya untuk Indonesia harus membayar Rp. 135.000/bulan atau Rp. 1.350.000/Tahun. Selain 2TB juga tersedia paket 10 TB, 20 TB dan 30 TB dengan harga yang berbeda pula.

Beberapa Pertanyaan Seputar VPN

Apakah Penggunaan VPN akan menjadikan Baterai Menjadi Lebih Boros?

Karena Penggunaan VPN itu membutuhkan enkripsi yang lebih untuk membuat lalu lintas data kita lebih aman, tentu saja penggunaan VPN akan membuatnya semakin boros, seberapa boros? Kurang lebih penggunaan VPN akan mengkonsumsi baterai 5-10%, jadi kira2 kalian akan menyadarinya kalau baterai dari Smartphone Android kita menjadi sedikit lebih boros.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.