20+ Fitur Istimewa iOS 15 yang Bisa Kalian Pake, Download dan Install Sekarang!

  • Share
Fitur Istimewa IOS 15 Yang Wajib Kalian Tahu
Fitur Istimewa IOS 15 Yang Wajib Kalian Tahu

Bersamaan dengan Rilis Baru Keluar Apple iPhone 13 dan New iPad Sudah Update iOS 15? Apple Tanggal 20 kemarin Resmi merilis iOS 15 lho, dan kalian bisa menikmatinya. Bahkan di HaPe iPhone Jadul kalian sekalipun masih bisa menikmati iOS 15 ini.

Seperti di Lansir Statista, bahwa iPhone 6s dan 6s Plus kalian masih menikmati update resmi iOS 15 dari Apple. Bukankah itu sebuah dukungan yang luar biasa dari Apple? Walaupun tentu saja beberapa fitur terbaru atau yang membutuhkan hardware berat, beberapa fitur itu akan DISABLE (tidak tersedia) di perangkat iPhone lama.

Jadi inilah beberapa yang kami temukan sehebat apakah iOS 15 ini, kami mengumpulkan dari berbagai sumber tentang fitur iOS 15 ini. Yang jelas jangan terlalu berharap kebabasan yang hakiki di iOS seperti yang kalian dapatkan di perangkat Android. iOS teteplah iOS dan antara Android dan iOS ada sebuah hal perbedaan yang cukup ketara tapi penulis sebagai pengguna beberapa Sistem Operasi Mobile menikmati perbedaan keduanya dan itu menarik untuk dinikmati.

IPhone 6s Dan 6s Plus Kalian Pun Masih Bisa Make IOS 15
IPhone 6s Dan 6s Plus Kalian Pun Masih Bisa Make IOS 15

Fitur yang kami kumpulkan itu kami susun secara Acak, jadi silahkan baca melompat-lompat tidak apa-apa.

Inilah 15 Fitur Istimewa yang kalian bisa coba di iOS 15

Fitur Live text

Live Text IOS 15 Ini Kereen Abis
Live Text IOS 15 Ini Kereen Abis

Fitur ini terus terang jadi salah satu favorit penulis, fitur Live Text ini memudahkan penulis untuk COPAS tulisan di Foto maupun di Screenshoot. Tinggal Select All Copy dan Paste. Sangat praktis. Fitur ini juga istimewa karena mendukung Kartu Nama Bisnis, Informasi Papan Penjualan dimana bisa COPAS nomor telepon atau email misalnya.

Menariknya Live Text ini juga bisa mengenali tulisan tangan yang ini sangat menarik untuk dipakai. Jangan kawatir jika kalian tidak natif bahasa Inggris, live text ini juga mendukung tujuh negara lainnya walaupun Indonesia belum ada, tapi kalau text kalian jelas text kalian tetep bisa COPAS.

Fitur Focus Mode

Kalian mungkin berharap iOS meniru para Pabrikan Smartphone Android yang menghadirkan Game Mode, bukan Apple jika tidak cerdas membaca situasi ini, Apple tidak menghadirkan Game Mode saja, tapi justru fitur Focus Mode, dimana kita bisa atur Focus Mode kita sesuai kebutuhan, misalnya Mode Sleep, Mode Gaming, Mode Kerja dan lain sebagainya.

Yang tak kalah Menarik, Focus Mode ini juga otomatis bisa merubah tampilan iOS 15 kita sehingga kita bisa bener-bener Focus dan tidak akan mendapatkan gangguan apa2 selama mode tersebut aktif. Dulu sebelum iOS 15 kita paling hanya bisa aktifkan Do Not Distrub ketika main Game biar nggak keganggu. Nah sekarang jauh lebih SOPHICATED dan ADVANCED dengan hadirnya Focus di iOS 15 ini.

Triger dari Fitur Focus inipun bisa melalui berbagai cara, misalnya lewat GPS (sampai di lokasi tertentu) atau kita sedang menjalankan aplikasi tertentu, atau kita sudah masuk Jam tertentu dan masih banyak lagi.

Fitur Perbaikan Sistem Notifications

Mungkin banyak pendapat yang mengatakan kalau Notifikasi di iOS itu menjemukan, tapi bagi penulis selama ini, ketika berkomunikasi kenapa jauh lebih nyaman dengan iOS dibandingkan Android, misalnya Telegram, Messengers, WhatsApp. Entah kenapa di iOS itu lebih nyaman.

Notifikasi di iOS 15 ini bisa dibilang di rombak total sama Apple, sekarang tampil lebih nyaman dimata dan kita tidak akan kehilangan notifikasi penting dan tampilan yang lebih ramah dimata. Ada juga fitur Notifications Summary yang bisa kita atur dimana itu akan memberikan notifikasi dalam Grup atau Kelompok sehingga kita mudah menelaahnya.

Notifications di iOS 15 ini juga bisa memberikan info via Suara ke perangkat AirPods kita dan lain sebagainya.

Fitur Update Spotlight

Spotlight IOS 15 Menjadi Semakin Kaya Dan Bermanfaat
Spotlight IOS 15 Menjadi Semakin Kaya Dan Bermanfaat

Spotlight di iOS juga fitur favorit kami, dengan fitur ini saya lebih suka meminimalisir aplikasi di Home Screen, kami lebih suka Akses secara cepat aplikasi tersebut lewat Spotlight ini, tinggal Swipe Down Search dan Aplikasi terbuka. Nah di iOS 15 ini pencarian menjadi lebih berwibawa dan kaya, kita akan mendapatkan informasi dari Dunia Maya sekaligus, mencari Kurs Dollar terkini, mencari Bintang dan Artis Korea terbaru semua tersaji di Spotlight dengan tampilan yang aduhai.

Tak hanya itu, pencarian Internal juga diperkaya, cari Foto, Cari Kontak, dan lain sebagainya.

Fitur Update Weather

Informasi Cuaca tidak lagi menjemukan di iOS 15, Apple telah memberikan update yang signifikan di Aplikasi Weather ini, kali ini hadir dengan Animasi yang cantik, layout yang asik, termasuk membenamkan fitur2 istimewa Dark Sky (Aplikasi yang diakusisi Apple) kedalam Weather App ini.

Home Screen enhancements

Peningkatan Tampilan Home Screen, ya walaupun belum bisa sekustom Android tapi sedikit demi sedikit Apple melakukan perbaikan, baik dengan menghadirkan Widget yang lebih beragam, termasuk kemudahan pengguna iOS 15 mengatur halaman Home Screen nya.

Safari redesign

Safari akhirnya dirombak Total sama Apple, iOS 15 menghadirkan tampilan super baru dari Safari ini, tampilannya unik dan kesannya sangat FRESH banget, sekarang Default Bar nya tidak diatas seperti kebanyakan Browser tapi berada dibawah. Cantik, untuk pindah-pindah tab juga mudah, bisa swipe-swipe saja kita bisa pindah Tab. Pokoe apik wis. Cobanen dewe lah.

Ada juga fitur Tab Grups yang memudahkan kita mengelompokkan tabs kita, yang juga lumayan menarik sekarang fiur Voice Search juga tersedia di Safari ini.

Upgrade Fitur FaceTime

Penulis sebenarnya bukan termasuk pengguna maniak FaceTime mengingat teman penulis pengguna iOS tidak sebanyak pengguna Android, jadi wajar kami tidak mengulik dan menggunakan ini sehari-hari, tapi walaupun begitu ini ada beberapa fitur update di FaceTime yang bisa kalian nikmati di iOS 15 ini.

SharePlay

SharePlay Nonton Jadi Asik Di IOS 15
SharePlay Nonton Jadi Asik Di IOS 15

Fitur ini belum aktif, sampai setidaknya akhir tahun 2021 ini. Fitur SharePlay ini memungkinkan pengguna FaceTime melihat tayangan bersama (berbagi tayangan), berbagi musik, berbagi layar dengan pengguna lainnya. Menariknya ketika kita melihat bersama bisa saling berdiskusi dengan yang di SharePlay kan tersebut.

SharePlay inibisa juga share Foto, Aplikasi dan lain sebagainya, intinya kalau penulis liat dan kalian pengguna FaceTime ini fitur wangun banget.

Spatial audio

Bayangno nek sampean ngobrol lewat FaceTime dan seperti kalian itu dengar langsung semacam TriDi, opo ora wangun, nah itulah Spatial Audio di FaceTime iOS 15 ini kira-kira.

Portrait mode

Fitur Portrait mode juga hadir di FaceTime di iOS 15, jadi ketika kalian sedang telpon2an background kalian ngeBLUR aseeeek gitulah. Yaa intinya biar kalian tidak kelangan momen lah.

Microphone modes

Fitur ini sebenarnya lebih untuk memperbaiki performa kualitas kalian waktu ngobrol nggedabrus dengan lawan bicara, dengan fitur ini kita bisa Custom suara kita

Grid view

Grid View ini bisa dibilang semacam ZOOM buatan Apple, wkwkwk, yo Apple nggak mau kehilangan momen lah hal-hal ginian,  harus gercep biar nggak dibilang ketinggalan update.

FaceTime links

iOS 15 juga menghadirkan fitur FaceTime links, sekarang pengguna Android bisa ikutan JOIN THE RASAN-RASAN lewat fitur FaceTime Links ini. Tak hanya Android, pengguna Windows pun juga bisa menikmati THE RASAN-RASAN KLUB ini.

Messages updates

Update Aplikasi Message di iOS 15, salah satunya sekarang fitur membuat MEMOJI bisa menambah baju, jadi tampilan nggak hanya Kepala saja yang bisa di Kustom, klambine lan kaose juga bisa kita kustom. Apik wis pokoe.

Waktu share Foto juga dirubah, sekarang bisa tampil lebih mudah jadi ketika share lebih nyaman dan nggak ribet lagi. Fitur baru yang tak kalah penting di iOS 15 adalah Share With You, dimana kita bisa share Musik, Website, Apple New, Lagu danmasih banyak lagi.

Photos

iOS 15 ini ada perbaikan sana sini di Aplikasi Galerinya iOS, yaa Photos App adalah aplikasi Galeri Default iOS, dan iOS 15 ini sekarnag menampilkan metadata yang useful dan juga kemampuan identifikasi tanaman, hewan, lokasi yang lebih baik berkat teknologi Machine Learning yang dibenamkannya. Ada juga layanan Photo Memories yang bisa kita gunakan untuk berbagi ke Status WhatsApp ataupun Instagram Stories dengan menambahkan Lagu-lagu di Apple Music.

Sayang sekali Fitur Identifikasi Wajah belum secepat Google Photos (mungkin karena Google menyimpan di Awan, sedangkan Apple Photos di Local) jadi identifikasi di Koleksi Foto saya yang berjumlah 80.000 foto ra uwis-uwis ra rampung-rampung.

Notes and Reminders

Sekarnag Notes dan Remindes menghadirkan Tads, dan juga Smart Folder yang membuat kita lebih mudah merapikan catatan-catatan maupun Reminder kita di iOS 15 ini.

Translate

Baik di Android maupun iOS selama ini juru translate kami masih Google Translate, tapi iOS 15 akhirnya juga menghadirkan layanan Translate ini, jadi layak dan wajib kalian coba juga. Silahkan Explore di aplikasi Translation App untuk mencoba lebih lanjut.

Maps

Apple Maps memang belum bisa mengalahkan Google Maps, setidaknya untuk pengguna NON AMERIKA, tapi iOS 15 sedikit demi sedikit mulai mengejar Google Maps terutama di US sana, fitur2 nya juga sudah nggak kalah ciamik, walaupun iOS 15 Maps keren, tapi di Indonesia belum bisa dijadikan Default App untuk GPS App ini. Masih banyak PR yang harus di benerin Apple di Apple Maps terutama di Non US.

iCloud+ and Privacy

Layanan ini juga layanan baru iOS di iOS 15, salah satu yang menarik Apple membenamkan fitur VPN yang dikenalkan dengan nama Private Relay. Layanan iCloud Subsribtion juga berubah menjadi iCloud+ dimana menghadirkan Private Relay dan Hide My Email

Find My

Para Perompak dan Malingers iPhone maupun iPad, sekarang makin susah untuk nyolong ini Device, mengingat iOS 15 membenamkan fitur yang bisa Locate a Device (mencari device) bahkan setelah Device itu dimatikan, bahkan setelah device itu di hapus datanya, tetep masih bisa terlacak dan pemilik aslinya bisa melacaknya.

Background Sounds

Firu iOS 15 ini bisa jadi Harta Terpendam, fitur ini akan menjadikan perangkat iDevice kalian sebagai  penghasil suara latar yang mana akan membuat lingkungan kalian menjadi nyaman, misalnya ingin suasana pantai, pilih Ocean, pingin Hujan ada Rain, Pingin serasa di tepian sungai ada Stream dan masih banyak lagi. Coba aja kalian akan sangat menikmatinya

ID Cards

Menyimpan SIM Di Wallet IOS 15
Menyimpan SIM Di Wallet IOS 15

Yah walaupun Indonesia juga belum kebagian, tapi juga penting saya sampaikan, sekarang Apple Wallet juga bisa menyimpan Kartu Vaksin dan SIM kalian, dan sudah tidak perlu membawa kartu fisik SIM kalian, cukup gunakan iPhone sebagai Wallet kalian.

Penutup

Jadi gimana? Fitur apa favorit kalian di iOS 15 ini? Dan apakah iDevice kalian juga sudah update ke iOS 15 ini?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.