Cara Mematikan Bixby Pada Ponsel Samsung Galaxy Anda

  • Share
Fitur Bixby Samsung Galaxy
Fitur Bixby Samsung Galaxy

Mematikan fungsi Bixby pada ponsel Samsung terkadang menjadi sebuah pilihan bagi beberapa pengguna. Secara tidak langsung kehadiran Bixby adalah untuk membantu pengguna dalam melakukan sesuatu pada ponselnya secara virtual, misalnya mengirimkan pesan kepada orang lain, menghubungi seseorang tanpa perlu menyentuh layar ponsel.

Bixby merupakan asisten virtual yang membantu Anda fokus pada hal-hal yang penting. Bixby mempelajari preferensi Anda seiring berjalannya waktu, sehingga membantu Anda melakukan berbagai hal dengan lebih cepat tanpa perlu membuka atau bahkan menginstal aplikasi! Namun begitu, sebagian pengguna malah menganggap Bixby sering mengganggu aktifitas mereka yang muncul tiba-tiba saat sedang menggunakan ponsel.

Pengguna ponsel Samsung tentunya memiliki banyak pendapat tentang Bixby. Jika Anda menggunakan ponsel Galaxy baru-baru ini dan mendapati Anda berhadapan dengan asisten virtual Samsung yang Anda anggap selalu mengganggu. Maka berikut ini Penulis akan memberikan beberapa langkah untuk menonaktifkannya secara keseluruhan fitur Bixby pada ponsel Anda.

Perlu Anda tahu, bahwa cara ini hanya berlaku untuk semua perangkat Samsung Galaxy dari Note 10 dan yang lebih baru, karena mereka tidak memiliki tombol Bixby khusus. Namun jika Anda menggunakan Samsung Galaxy S8, S9, S10, Note 8 dan Note 9 yang memiliki tombol Bixby khusus, maka Anda tidak dapat menonaktifkan sepenuhnya.

Cara Mematikan Bixby pada Tombol Samping Ponsel Anda

Secara default, ponsel Samsung yang lebih baru membuka Bixby saat Anda menahan tombol samping, tombol yang Anda biasanya berfungsi sebagai tombol daya. Berikut cara mudah jika Anda ingin menonaktifkannya.

1. Buka power menu dengan cara geser ke bawah pada layar beranda Anda sekali untuk menampilkan notifikasi, lalu geser ke bawah lagi untuk memperluas pengaturan cepat. Anda akan melihat ikon daya pada sudut kanan atas.
2. Ketuk Pengaturan tombol samping
3. Pada bagian bawah Tekan dan tahan, pilih Power off menu.

Mematikan Bixby Dari Tombol Power
Mematikan Bixby Dari Tombol Power

Cara Mematikan Deteksi “Hai Bixby”

Melalui cara yang sama, Asisten Google mendengarkan “Hai Google”, Bixby dapat mendengarkan “Hai Bixby.” Ini merupakan frasa yang terdengar cukup unik, jadi Anda tidak mungkin memicunya secara tidak sengaja. Akan tetapi jika Anda ingin mematikannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Bixby pada daftar aplikasi Anda
2. Buka menu humburger pada bagian samping kiri, lalu ketuk ikon Pengaturan
3. Nonaktifkan pengaturan Pengaktifan suara (Voice wake-up).

Mematikan Deteksi Bixby
Mematikan Deteksi Bixby from androidpolice

Perhatikan juga bahwa Bixby tidak berfungsi sama sekali saat Anda tidak masuk ke akun Samsung. Jadi jika Anda tidak menggunakan fitur khusus Samsung lainnya, Anda cukup keluar di bawah Kelola akun pada pengaturan ponsel Anda.

Dengan itu, pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Anda akan menjadi lebih baik, yakni bebas Bixby (asisten virtual Samsung). Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.