Desain Ulang Gmail Sudah Bisa Dinikmati Setiap Pengguna, Begini Tampilannya!

  • Share
Tampilan Gmail Baru
Tampilan Gmail Baru

Gmail melakukan perubahan desain secara besar-besaran pada interface-nya. Tampilannya yang lebih sejuk dan lengkap membuat pengguna akan lebih nyaman bereksplorasi dengan antarmuka Gmail yang baru.

Pada akhir bulan lalu, Google secara resmi merinci “tampilan terintegrasi baru” untuk Gmail for web. Desain ulang ini sekarang sudah bisa dinikmati pengguna, termasuk salah satunya mereka yang memiliki Akun Google pribadi.

Desain Ulang Gmail Baru Yang Lebih Rinci
Desain Ulang Gmail Baru Yang Lebih Rinci from 9to5google

Google hanya mencantumkan ketersediaan untuk tingkatan Workspace sesuai dengan pengumuman awal lalu. Pada hari Jumat, perusahaan mengumumkan bahwa peluncuran telah dimulai untuk “pengguna dengan Akun Google pribadi” dan domain berbayar. Google juga menambahkan bahwa domain Rilis Terjadwal akan mulai menerima tampilan baru pada 28 Februari mendatang.

Desain ulang ini belum tersedia secara luas untuk pengguna Gmail. Akan tetapi Google telah menjelaskan bagaimana Anda dapat mengaktifkannya saat ketika tampilan Gmail Anda tidak berubah. Anda dapat mengubahnya terlebih dahulu secara manual melalui Pengaturan Gmail Anda. Nah, untuk mengubahnya, berikut ini beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan.

Cara Mengaktifkan Tampilan Baru Gmail

1. Pada bagian pojok kanan atas, klik Setelan yang berlogo roda gigi.
2. Kemudian pilih “Setelan cepat”, klik Coba tampilan Gmail baru.
3. Selanjutnya akan muncul jendela baru, klik Muat Ulang.
4. Pastikan Anda mengaktifkan Google Chat pada Gmail. Selain itu, biasanya Anda mungkin juga diminta pada sudut kanan bawah layar untuk mencobanya.

Sementara itu, Google telah membagikan detail lebih lanjut tentang cara kerja desain ulang web Gmail. “Menu utama aplikasi” muncul pada bagian paling kiri layar Anda dan memungkinkan Anda beralih antara Mail, Obrolan, Spaces, dan Meet dengan lebih cepat. Yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana Anda dapat mengarahkan kursor ke ikon aplikasi untuk mendapatkan pratinjau mengambang yang terkait dengan setiap layanan (kecuali Meet).

Demikian pula, gelembung notifikasi baru pada sudut kiri bawah memungkinkan Anda melihat pratinjau pesan, membalas, atau membukanya (layar penuh atau jendela pop-up). Gelembung ini harus Anda aktifkan terlebih dahulu:

1. Pada bagian kanan atas jendela Gmail, tepatnya pada bagian samping indikator status, klik Opsi lainnya => Setelan notifikasi chat.
2. Kemudian pada jendela yang muncul, centang kotak di samping “Izinkan pemberitahuan Obrolan” dan “Buka gelembung obrolan untuk pesan baru“.
3. Di bagian bawah jendela, klik Selesai.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.