Mengungkap Keunggulan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G yang Wajib Anda Tahu!

  • Share
Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G
Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G

Samsung baru saja merilis dua ponsel flagshipnya pada 9 Februari kemarin, yakni Samsung Galaxy Tab S8 Series dan Samsung Galaxy S22 Series. Menariknya dua ponsel ini sama-sama memiliki seri Ultra yang merupakan seri paling tinggi ketimbang yang lain. Dan pembahasan kali ini Penulis akan mengungkap sejumlah keunggulan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang sudah mendukung konektifitas jaringan 5G.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra adalah tablet yang dapat dibilang sebesar laptop, dan itu saja mungkin cukup untuk menginspirasi kegembiraan pada beberapa orang. Jajaran tablet Samsung sering dianggap sebagai alternatif ekosistem Android untuk iPad Pro, tetapi layar Ultra bahkan melampaui iPad 12,9 inci dalam hal ukuran, karena layarnya berukuran 14,6 inci. Dengan kata lain, ini sangat besar persis layaknya layaknya standar laptop.

Beberapa orang tentunya akan menganggap Tab S8 Ultra terlalu besar untuk dapat dibilang praktis. Namun begitu, Anda perlu mengetahui beberapa keunggulan yang ada pada Tab S8 Ultra ini.

Keunggulan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G

Desain dan Tampilan Layar Lebih Luas

Desain Dan Tampilan Layar Lebih Luas
Desain Dan Tampilan Layar Lebih Luas

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra, nilai jual utamanya terletak pada layarnya yang besar, yakni 14,6 inch. Hal ini tentunya lebih besar dari Tab S8 dan Tab S8 Plus 11 dan 12,4 inci. Bahkan juga melebihi iPad Pro yang hadir dalam versi 11 inci atau 12,9 inci. Resolusinya 2960 x 1848 yang cukup mengesankan, dengan kecepatan refresh 120Hz dan teknologi Super AMOLED yang memastikan warna cerah dan kontras lebih tajam.

Sementara model Tab S8 lainnya memiliki kamera depan tersembunyi pada bezel sekitar layar. Sedangkan pada seri Ultra sebenarnya memiliki takik pada bagian tengah yang menampung dua lensa. Mengingat ukuran layarnya, tonjolan hitam kecil pada bagian atas hampir tak terlihat.

Dari kejauhan, Tab S8 Ultra terlihat seperti tablet Android standar Anda. Ini adalah kotak abu-abu dengan layar sedikit tonjolan kamera belakang dan port USB-C. Selain itu, ada strip magnet pada bagian belakang yang dapat menahan dan mengisi daya S Pen, yang terasa seperti tempat aneh untuk menyimpan stylus.

Kamera dan Masa Pakai Baterai Tahan Lama

Kamera Dan Masa Pakai Baterai Tahan Lama
Kamera Dan Masa Pakai Baterai Tahan Lama

Galaxy Tab S8 Ultra memiliki kamera belakang utama 13MP dan kamera ultra lebar 6MP. Selain itu, ada dua kamera pada bagian depan dengan resolusi sama-sama 12MP, dan satu memiliki lensa lebar sementara yang satu memiliki lensa ultra lebar.

Anda mungkin akan menggunakan yang pertama untuk sebagian besar hal seperti selfie dan panggilan video, tetapi yang terakhir juga digunakan, seperti untuk selfie yang lebih luas atau panggilan video yang Anda perlu menampilkan sesuatu pada bagian belakang yang lebih luas seperti halnya papan tulis.

Aplikasi kamera tablet adalah barebone dibandingkan dengan smartphone, dengan lebih sedikit mode atau pemrosesan AI, tetapi Anda mungkin tidak menggunakan tablet untuk fotografi yang serius, dan penawaran di sini lebih dari cocok.

Mengenai masa pakai baterai, tabletnya memiliki baterai sangat besar, yakni 11.200 mAh. Pengisian dayanya 45W, yang merupakan kecepatan tingkat menengah, dan kami membayangkan akan memakan waktu beberapa jam untuk mengisi daya hingga baterai penuh.

Spesifikasi dan Kinerja yang dapat di Andalkan

Spesifikasi Dan Kinerja Yang Dapat Di Andalkan
Spesifikasi Dan Kinerja Yang Dapat Di Andalkan from techradar

Pada bagian dalam kap-nya Galaxy Tab S8 Ultra sama dengan saudara kandungnya yang non-Ultra, yakni memiliki chipset Snapdragon 8 Gen 1, prosesor tingkat atas saat ini yang digunakan pada perangkat Android paling kuat seperti Xiaomi 12 dan OnePlus 10 Pro.

Perangkat ini cocok untuk aplikasi kerja intensif seperti perangkat lunak pengedit video atau foto, serta game dan navigasi cepat. Bahkan untuk varian yang bisa Anda tulis layaknya papan tulis, penyimpanannya dapat diperluas hingga 1TB.

Untuk perangkat lunaknya, Anda melihat Android 12 dengan Samsung One UI yang lebih dinamis dengan warna Material You. Jika Anda sebelumnya menggunakan perangkat Samsung, Anda pasti sudah berpengalaman dengan tampilan antarmuka ini.

Selain itu, pada stylus S Pen-nya memiliki pengalaman yang lebih baik bahkan dari Pensil Apple sekalipun. Secara fungsional, S Pen adalah alat tulis yang bisa Anda gunakan untuk menggambar. Misalnya Anda membuat garis dengan menggunakan sensitivitas tekanan. Anda dapat menekan keras untuk garis yang tebal, atau menekan dengan lembut untuk garis yang lebih tipis dan lebih ringan.

Tanggal dan Harga Rilis Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Ada tiga konfigurasi berbeda untuk perangkat ini, dan masing-masing hadir dalam versi Wi-Fi saja, atau terhubung 5G. Ada satu dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, dan jika Anda mau yang lebih tinggi, Anda dapat menambahnya hingga 12GB/256GB atau bahkan 16GB/512GB.

Jadi, kapan Anda bisa mendapatkan tablet baru ini? Kabarnya Samsung baru mengirimnya ke semua wilayah pada 25 Februari mendatang, dengan pra-order sudah mulai 9 Februari pada sebagian besar wilayah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.