Hari Ini SNMPTN 2022 Resmi Dibuka, Berikut Langkah-Langkah Melakukan Pendaftaran!

Pendaftaran SNMPTN 2022
Pendaftaran SNMPTN 2022

Sesuai yang telah dijadwalkan, Hari ini Senin 14 Februari 2022 Pendaftaran SNMPTN 2022 secara resmi dibuka hingga 28 Februari mendatang. Pedaftaran akan dimulai pada pukul 15.00 WIB sore nanti.

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang ditentukan berdasarkan nilai akademik yang diperolehnya selama berada di bangku sekolah mulai kelas 10 s/d kelas 12. Kuota SNMPTN yang ditetapkan adalah 20% per PTN. Seluruh biaya dalam proses ini akan ditanggung oleh pemerintah. Sehingga tidak jarang para siswa berlomba-lomba untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi melalui seleksi SNMPTN tersebut.

Syarat-Syarat Daftar SNMPTN 2022

Sebelum Anda bersiap diri untuk mendaftar SNMPTN, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu agar dapat melakukan pendaftaran SNMPTN nanti pada jam 3 sore. Syarat-syarat tersebut adalah:

  1. Memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  2. Akun LTMPT sudah disimpan secara permanen
  3. Siswa eligible (masuk dalam kuota)
  4. Ada dalam daftar PDSS (Portal Data Sekolah dan Siswa)

Itulah 4 syarat wajib yang harus kalian penuhi agar dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Setelah itu, berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2022.

Langkah-Langkah Melakukan Pendaftaran SNMPTN 2022

  1. Silahkan masuk ke laman snmptn.ltmpt.ac.id
  2. Masuk dengan akun LTMPT yang sudah Anda permanenkan sebelumnya. Biasanya Anda perlu memasukkan Email dan Password yang sudah Anda daftarkan melalui LTMPT
  3. Jika berhasil masuk, maka akan muncul laman profil pendaftar
  4. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi pilihan Program Studi. Ingat, bahwa setiap pendaftar hanya dapat memilih 2 Prodi saja dengan ketentuan jika mengambil 2 Prodi, salah satunya harus pada PTN yang berada dalam satu Provinsi dengan SMA-nya. Pada pilihan Prodi yang sudah terblok hitam, maka tidak bisa dipilih, karena tidak sesuai dengan kriteria pendaftar. Jika sudah klik Simpan.
  5. Selanjutnya masuk pada pengisian Portofolio (khusus mereka yang mengambil Prodi bidang Seni dan Olahraga)
  6. Isi Prestasi sesuai dengan keahlian yang dimiliki maksimal 3 Prestasi
  7. Finalisasi
  8. Terakhir, mengunduh kartu Registrasi

Sekarang Pendaftaran SNMPTN 2022 telah selesai, dan peserta tinggal menunggu pengumuman yang jika mengacu pada jadwal akan dilakukan pada 29 Maret 2022.

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *