Windows 11 Hadirkan Fitur “Windowed Gaming” Untuk Bermain Game Lebih Nyaman

  • Share
Windows 11 Hadirkan Fitur Windowed Gaming
Windows 11 Hadirkan Fitur Windowed Gaming

Sebuah fitur baru juga akan hadir pada pembaruan mendatang di Windows 11, yakni Windowed Gaming. Sebuah fitur yang mana dapat membuat gamer (orang yang suka bermain game) menjadi lebih nyaman sambil melakukan tugas lain.

Sebagian besar game yang pada Windows biasanya menggunakan seluruh layar saat Anda bermain, hanya ada beberapa game langka yang terbuka pada jendela kecil sebagai gantinya. Faktanya, dengan sebuah fitur baru pada Windows 11 ini, Anda dapat memainkan game apa pun dalam sebuah jendela kecil yang lebih menarik dan nyaman.

Selama perangkat Anda mendukung, fitur ini dapat menjalankan game apa pun di jendela hanya dalam beberapa detik. Namun, beberapa fitur seperti HDR tidak serta merta mendukung jika Anda sedang mengaktifkan fitur ini. Game dalam mode berjendela (Windowed Games) juga menawarkan framerate yang lebih rendah dan kinerja keseluruhan tidak cukup baik dalam banyak kasus.

Akan tetapi fitur Game berjendela ini sangat berguna saat Anda ingin melakukan banyak tugas sembari bermain game. Hal itulah yang membuatnya lebih mudah untuk beralih ke jendela atau aplikasi lain. Meskipun Anda dapat mencoba game berjendela melalui build stabil saat ini, namun Anda mungkin harus mengambil beberapa langkah yang lebih terlibat dan membuat perubahan pada pengaturan untuk meningkatkan kinerja game berjendela Anda.

Melalui blog resminya, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan pengoptimalan baru untuk game berjendela pada Windows 11. Bahkan Microsoft juga akan menghadirkan beberapa fitur menarik dalam pembaruan waktu dekat ini. Seperti halnya gerakan sentuh baru, opsi folder pada Start menu dan fitur tata letak baru.

Peningkatan ini dapat menguntungkan para gamer dengan mengurangi input lag dan membuat frame game Anda dengan cara yang paling optimal. Optimalisasi Windows 11 yang akan datang hanya akan berlaku untuk dua jenis jendela aplikasi, yakni game Berjendela dan Tanpa Batas-Berjendela. Itu karena pengoptimalan serupa sudah ada untuk game yang dimainkan dalam layar penuh.

Pengoptimalan seperti layar penuh akan menguntungkan mereka yang lebih memilih mode jendela berjendela dan tanpa batas untuk kinerja yang lebih cepat saat mereka menggunakan aplikasi lain secara berdampingan.

Untuk meningkatkan kinerja, Microsoft mengatakan juga akan memindahkan aplikasi/game klasik ke model baru yang disebut “model flip modern” dari model bit lama. Banyak game telah diperbarui dengan dukungan untuk model flip modern, tetapi implementasi tingkat OS akan memperluas fungsionalitas ke game klasik lainnya.

Cara Mengakses Fitur Windowed Games pada Windows 11

Untuk melakukan optimalisasi game berjendela Windows 11, Anda terlebih dahulu bergabung dengan Saluran Dev program. Anda dapat ikut serta dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Fitur Windowed Games Windows 11
Fitur Windowed Games Windows 11 from devblogs.microsoft

1. Buka Settings => System => Display => Graphics
2. Lalu buka Default graphics settings.
3. Anda akan melihat opsi “Optimizations for windowed games” dan aktifkan fitur tersebut.
4. Kemudian mulai ulang game Anda untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Anda mengaktifkan fitur ini.

Pada halaman di atas, Anda juga akan menemukan beberapa opsi grafik yang diaktifkan secara default. Lebih baik membiarkan opsi itu tidak tersentuh untuk mengalami pengaturan grafis terbaik di gim Anda, menurut pernyataan dari Microsoft.

Seperti yang disebutkan, mode pengoptimalan baru memerlukan pembuatan pratinjau, tetapi Anda selalu dapat menunggu selama beberapa bulan karena perubahan ini akan dikirimkan bersama Sun Valley 2 akhir tahun ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.