Cara Install dan Mencoba Android 12L Beta di Google Pixel

  • Share
Android 12L
Android 12L

Google merancang Android 12L lebih dikhusukan untuk ponsel layar lebar dan ponsel lipat. Hal ini seperti halnya Galaxy Z Fold 3 dan beberapa Tablet lainnya yang saat ini sudah ada di pasaran. Namun, ternyata bagi Anda yang memiliki Google Pixel, sekarang dapat menggunakan Android 12L lebih dahulu dalam program beta yang sudah rilis.

Daftar Perangkat Google Pixel yang Kompatibel

Ternyata tidak semua perangkat Pixel kompatibel untuk dapat menjalankan Android 12L Beta sekarang ini. Untuk saat ini, Android 12L Beta hanya dapat berjalan pada ponsel Pixel milik Google sendiri dan juga perangkat yang memiliki dukungan windows hingga pertengahan 2022. Beberapa perangkat yang kompatibel dengan untuk menjalankan Android 12L adalah:

  • Pixel 3a/XL
  • Pixel 4/XL
  • Pixel 4a/5G
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro

Apa Build Android 12L yang Terbaru?

Pada 9 Februari 2022 kemarin, Google membuat Android 12L beta ketiga yang tersedia untuk pengguna ponsel Pixel. Beta pertama rilis pada awal Desember 2021, dan build final akan tiba berikutnya setelah beta ketiga ini. Selain itu, Android 12L tersedia melalui Program Beta Android Google yang mudah digunakan. Anda dapat mendaftar pada situs web Google jika Anda ingin mendaftarnya.

Nah, Setelah Anda memastikan Anda memiliki perangkat yang kompatibel, Anda dapat memulai mendaftarkan perangkat Anda dalam program Beta Android 12L. Untuk mendaftarkan perangkat, cukup klik Opt-In, terima syarat dan ketentuan, lalu tekan Join Beta. Setelah itu, Google akan mengirimkan pembaruan ke perangkat Anda.

Setelah mendaftar, Anda membutuhkan waktu mulai hingga beberapa jam untuk mendapatkan pembaruan masuk ke perangkat Anda. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menginstal pembaruan terakhir pada Android 12 yang Anda gunakan. Untuk memeriksa pembaruan Android 12 Beta secara manual, buka Pengaturan => Sistem => Lanjutan => Pembaruan Sistem.

Jika Anda menginstal versi beta tetapi kemudian memutuskan ingin kembali ke rilis stabil, Anda dapat mengunjungi situs yang sama ini dan membatalkan pendaftaran perangkat Anda.

Untuk menggunakan Android 12L, Anda juga dapat menggunakan cara Sideload dengan mendownload terlebih dahulu file OTA melalui Android Developer. Berikut langkah-langkah melakukan Sideload file OTA ke ponsel Pixel Anda.

Cara Sideload Android 12L pada Google Pixel

Download OTA Android 12L

Untuk memulai, pertama-tama Anda harus mengunduh file untuk dapat menginstal Android 12L pada ponsel Pixel Anda. Ada dua cara untuk melakukannya. Pertama, Anda dapat menginstal menggunakan Factory Image, yang menghapus ponsel Anda dan memulai semuanya dari awal. Atau, melakukan Sideload file OTA, yang dapat Anda instal pada versi Android Anda saat ini tanpa menghapus data ponsel Anda. Jadi Anda harus memastikan mengunduh file yang terkait dengan perangkat Anda, Download File OTA.

Boot ke Recovery Mode

Selanjutnya, Anda akan mem-boot Pixel Anda ke Recovery mode. Untuk melakukan ini, matikan ponsel Anda. Kemudian, tahan tombol Daya dan tombol Volume turun secara bersamaan hingga Anda masuk ke halaman Bootloader. Maka akan muncul logo Android berbaring pada layar.

Selanjutnya gunakan tombol volume Anda, gulir ke bawah ke Recovery mode. Pilih dengan mengklik tombol daya. Atau, jika Anda sudah terhubung ke komputer dengan ADB, Anda dapat menggunakan perintah Reboot Recovery.

Sekarang, Anda akan melihat Android yang lebih kecil berbaring dengan tanda seru pada bagian atasnya. Dari sini, tekan tombol Daya dan tombol Volume naik selama sekitar satu detik untuk dapat masuk ke Recovery Mode. Lepaskan tombol Volume naik untuk dapat masuk ke Recovery Mode.

Arahkan ke Sideload ADB

Menggunakan tombol volume, gulir ke bawah ke Apply update from ADB dan pilih dengan tombol daya. Ini akan membuka layar yang sebagian besar kosong dengan teks pada bagian bawah yang mengarahkan Anda tentang cara melakukan sideload OTA.

Hubungkan Perangkat ke komputer dengan Aplikasi ADB Tools

Langkah ini penting karena ini adalah satu-satunya cara untuk mentransfer file OTA yang telah Anda download ke ponsel Anda. Anda harus memiliki ADB Tools dan Fastboot yang sudah terinstal pada komputer Anda. Anda dapat mengunduh ADB Tools dari situs web Pengembang Android. Anda juga dapat menggunakan Driver ADB Universal dari ClockWorkMod, yang dapat membuat prosesnya sedikit lebih mudah pada perangkat Windows Anda.

Masukkan Perintah Sideload

Setelah semuanya terpasang, Anda sekarang dapat melakukan sideload file OTA. Pada Windows, pastikan Anda menggunakan Command Prompt kemudian arahkan ke folder alat ADB dan ketik adb sideload. Jika Anda menggunakan macOS atau Linux, lakukan hal yang sama pada Terminal. Kemudian masukkan nama file dari folder .zip yang Anda unduh dari Google dan tekan enter untuk memulai proses.

Restart Ponsel Anda

Setelah OTA selesai menginstal, Anda akan kembali ke Recovery Mode. Langkah terakhir untuk beralih ke pembaruan baru adalah memilih opsi Reboot sekarang dengan tombol daya Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.