Cara Mudah Berbagi Jaringan WiFi ke Perangkat Lain di Android

  • Share
Cara Berbagi Jaringan WiFi
Cara Berbagi Jaringan WiFi

Berbagi jaringan WiFi ke perangkat lain bukanlah sesuatu yang baru. Hanya saja caranya yang sedikit berbeda. Dulu untuk berbagi jaringan WiFi seseorang harus meminta kata sandi WiFi tersebut ke mereka yang memiliki. Namun sekarang ini caranya lebih simple lagi, hanya dengan memanfaatkan satu perangkat yang terhubung saja.

Sebagian ponsel Android yang terbaru sudah memiliki fitur mudah yang dapat pengguna manfaat untuk berbagi jaringan WiFi ke perangkat lain. Beberapa fitur yang bisa pengguna manfaatkan adalah dengan menggunakan Scan Kode QR, Penambatan WiFi dan juga Nearby Share. Untuk itu, berikut ini Penulis ulas bagaimana cara menggunakan 3 fitur tersebut agar dapat berbagi jaringan ke perangkat lain.

Cara Mudah Berbagi Jaringan WiFi ke Perangkat Lain di Android

Menggunakan Kode QR

  1. Untuk berbagi jaringan WiFi dengan perangkat Android lain, Anda harus terlebih dahulu terhubung ke jaringan tersebut (atau setidaknya detailnya tersimpan pada ponsel Anda). Arahkan ke pengaturan Internet Anda, dengan masuk ke Pengaturan => Jaringan dan Internet => Internet.
  2. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda bagikan dengan mengetuknya dari daftar jaringan yang muncul. Jika ini adalah salah satu yang saat ini Anda terhubung, biasanya akan berada pada bagian atas daftar.
  3. Dalam layar Detail Jaringan, Anda akan memiliki opsi untuk Berbagi dengan ikon kode QR tepat pada bagian atasnya. Ketuk ini dan kode QR akan muncul pada layar (dan mudahnya, kata sandi jaringan akan terdaftar tepat di bawahnya). Tergantung pada pengaturan keamanan ponsel Anda masing-masing, Anda mungkin harus memindai sidik jari untuk memverifikasi identitas Anda sebelum mencapai kode QR. Android 12 juga memperkenalkan opsi untuk membagikan kata sandi dengan ‘Berbagi Terdekat‘.
  4. Sekarang pindah ke perangkat yang ingin Anda bagikan jaringan Wi-Fi dan minta mereka menavigasi ke menu Internet yang sama yang mencantumkan semua jaringan Wi-Fi terdekat seperti yang disebutkan di atas. Atau, Anda cukup membuka aplikasi Kamera di ponsel Anda dan itu akan secara otomatis mendeteksi kode QR dan terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  5. Pada bagian bawah daftar jaringan yang tersedia, akan ada opsi untuk Tambah Jaringan. Tepat di sebelah kanan ini, Anda akan melihat ikon kode QR lainnya. Ketuk ini.
  6. Pindai kode QR pada ponsel pertama dan ponsel cerdas Android Anda akan melakukan pekerjaan selanjutnya, menyambungkan ke jaringan selama Anda berada dalam jangkauan.

Penambatan WiFi

Opsi ini sudah tersedia pada beberapa perangkat Android terbaru sekarang ini. Penambatan WiFi artinya menjadikan ponsel Anda sebagai akses poin dengan membuat SSID baru yang memanfaatkan WiFi perangkat Anda. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia pada jaringan seluler saja untuk dijadikan Hotspot, namun berkat adanya fitur ini, Anda dapat mengaktifkan Hotspot Anda melalui jaringan WiFi.

  1. Pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi
  2. Masuk pada Pengaturan, lalu pilih Koneksi Nirkabel Lainnya
  3. Aktifkan opsi Penambatan Wi-Fi (Fitur ini akan bisa pengguna aktifkan jika Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi, bukan Data Seluler).
  4. Selanjutnya silahkan buat SSID dan Password baru yang nantinya perangkat lain akan terhubung ke SSID yang Anda buat.

Menggunakan Nearby Share

Anda dapat menggunakan opsi Nearby Share (Berbagi di sekitar) yang dapat Anda gunakan ke perangkat Android saat berdekatan satu sama lain.

  1. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di atas untuk mendapatkan kode QR untuk jaringan Wi-Fi yang ingin Anda bagikan pada layar Anda.
  2. Tidak perlu meminta perangkat lain memindai ini, sebagai gantinya, ketuk opsi Terdekat tepat di bawahnya dan tepat di bawah kata sandi Wi-Fi. Ponsel Anda kemudian akan mulai mencari perangkat terdekat untuk dibagikan.
  3. Sekarang pada ponsel yang ingin Anda bagikan jaringan Wi-Fi, Anda sekarang akan menerima pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa perangkat terdekat sedang berbagi.
  4. Ketuk ini, lalu pada ponsel cerdas yang Anda bagikan jaringannya, pilih nama perangkat ketika muncul di jendela di bagian bawah layar Anda.
  5. Terakhir, pada ponsel yang ingin Anda sambungkan ke jaringan, ketuk opsi Terima. Perangkat kemudian akan secara otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda.
  6. Jika perangkat tidak muncul di jendela Berbagi Terdekat pada ponsel cerdas yang Anda bagikan, pastikan Berbagi Terdekat diaktifkan dalam pengaturan Anda. Ini dapat diakses dengan masuk ke Pengaturan => Google => Perangkat dan Berbagi => Berbagi Terdekat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.