Makin Nyaman, Google Drive Sekarang Punya Tombol Filter Pencarian Seperti Gmail

  • Share
Google Drive Sekarang Punya Tombol Filter Pencarian
Google Drive Sekarang Punya Tombol Filter Pencarian

Google sekarang menambahkan tombol filter pencarian pada Google Drive yang serupa dengan Gmail. Dengan tombol filter ini nantinya akan membuat lebih mudah melakukan pencarian pada akun Drive Anda.

Sebelumnya Google meluncurkan fitur “filter pencarian” ini untuk layanan Gmail pada tahun 2020, yang membuatnya lebih mudah dari sebelumnya. Hal ini tentunya untuk memfilter hasil pencarian berdasarkan lampiran, pengirim, atau data lainnya yang ada pada akun Gmail tersebut. Sedangkan pada Drive tombol filter tersebut meliputi lokasi, type file, orang, terakhir dilihat dan lainnya.

Google merencanakan ini sebelumnya diketahui melalui blog Pembaruan Ruang Kerja resminya pada November 2021. Dalam hal tersebut, Google mengumumkan beta bahwa akan menambahkan filter pencarian pada Google Drive-nya. Ini tentunya yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan file yang relevan lebih cepat. Selain itu, juga menghilangkan kebutuhan untuk melakukan banyak pencarian atau menyortir hasil yang tidak relevan. Dan sekarang ini “filter pencarian; sudah tersedia secara umum untuk semua pengguna.”

Sama seperti Gmail, tombol baru dan menu drop-down (secara kolektif disebut “chip”) muncul setelah Anda melakukan pencarian pada Google Drive. Tombol tersebut memungkinkan Anda dengan cepat memfilter item yang Anda cari dengan tombol yang harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Baru kemudian Anda sudah dapat melihat hasil dengan menggunakan parameter pencarian tersebut

Google mengatakan telah menerapkan beberapa perbaikan sejak periode pengujian beta awal tahun lalu. Saran ejaan sekarang muncul pada bagian samping chip pencarian, dan ada opsi tanggal baru yang tersedia untuk chip “Terakhir diubah”.

Fungsionalitas baru ini diluncurkan untuk semua orang, termasuk akun Gmail pribadi dan akun Workspace, dan akan aktif untuk semua akun dalam waktu 15 hari ke depan. Namun, tampaknya eksklusif untuk aplikasi Drive versi web saat ini. Sedangkan pada aplikasi Google Drive untuk Android dan iOS masih memiliki fungsi pencarian dasar yang sama seperti sebelumnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.