Sekarang Aplikasi di Google Play Store Cantumkan Versi Minimum “Android OS” yang Dibutuhkan

  • Share
Google Play Store
Google Play Store

Sekarang ini pembaruan muncul kembali pada layanan Google Play Store, yakni cantuman versi minimun Android OS yang dibutuhkan. Dalam cantuman tersebut menjelaskan bahwa aplikasi bisa pengguna Instal dengan spesifikasi perangkat tertentu seperti yang telah tertulis.

Sebelumnya, Google Play Store juga mendapat pembaruan secara luas tentang indikator pemasangan gaya iOS yang muncul pada layar beranda. Jadi progres instalasi aplikasi secara mudah akan pengguna ketahui secara langsung melalui layar beranda Anda dalam sebuah lingkaran yang berjalan hingga penuh.

Untuk melihat cantuman ini, Anda hanya perlu masuk ke bagian “Info Aplikasi” (kemudian pada bagian bawah “Tentang aplikasi ini“) dari daftar Play Store hari ini mengungkapkan bahwa “OS Android” sekarang menjadi item baris di samping Versi, Diperbarui pada, Unduhan, Ditawarkan oleh, Dirilis pada, dan izin Aplikasi .

Cantumkan Versi Minimum Android OS Pada Play Store
Cantumkan Versi Minimum Android OS Pada Play Store from xda-developers

Dalam hal ini, Google hanya mencatat versi Android apa yang diperlukan untuk menginstal aplikasi tersebut. Sebenarnya informasi ini telah lama tersedia jika Anda mengunjungi situs resmi play.google.com dalam sebuah opsi “Requires Android (Memerlukan Android).” Pada versi web, cantuman ini sering kali menggunakan “Bervariasi menurut perangkat”, tetapi versi seluler lebih spesifik dan mengetahui varian APK tersebut.

Sebenarnya, tidak ada manfaat atau manfaat nyata dari “mengetahui” informasi ini. Hal ini karena, secara default, Play Store hanya menampilkan aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat Anda sesuai dengan spesifikasi perangkat yang berjalan. Jadi, jika Anda menggunakan perangkat dengan OS Android 5.0 dan aplikasi menargetkan OS Android 6.0, maka secara otomatis Google Play Store tidak akan menampilkan aplikasi tersebut pada perangkat Anda.

Kemudian, menambahkan “OS” setelah “Android” terlihat agak aneh dan sesuatu yang tidak terlalu sering dilakukan Google dalam pemasaran atau fungsionalitas yang dihadapi pengguna. Ini tentu saja mengingatkan pada Chrome OS, Wear OS, dan Android TV OS.

pembaruan ini baru-baru meluncur dan jika Anda melihatnya, sepertinya belum ada di awal bulan ini. Google menyebutkan bahwa fitur ini akan tersedia secara luas dengan versi 29.2.13 dari Google Play Store hari ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.