Begini Cara Membuka Aplikasi Android di Windows 11

  • Share
Cara Membuka Aplikasi Android Pada Windows 11
Cara Membuka Aplikasi Android Pada Windows 11

Dengan rilisnya Windows 11 ke publik, Microsoft sudah mengumumkan bahwa pengguna Windows 11 nantinya dapat menginstal aplikasi Android pada PC mereka dengan mudah. Lantas, apakah semua aplikasi Android yang tersedia pada Google Play Store dapat pengguna Instal? Berikut ini Penulis ulas secara detail tentang aplikasi mana saja yang bisa dijalankan melalui Windows 11.

Aplikasi Android yang Bisa Pengguna Instal Pada Windows 11

Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa lebih dari 1.000 aplikasi saat ini siap untuk pengguna instal pada PC Windows 11 Anda. Selama tahap pengujian sebelumnya, tidak ada banyak aplikasi karena fitur ini sangat baru untuk Windows dan tidak tersedia untuk masyarakat umum.

Untungnya, ada pilihan yang tepat yang tersedia sekarang mulai dari game hingga aplikasi lainnya, dan beberapa diantaranya sangat cocok untuk Windows 11. Sedangkan pada sisi lain, tidak ada Play Store atau dukungan untuk aplikasi yang memerlukan layanan Google Play Store pada Windows 11.

Berikut Cara Mendownload Aplikasi Android di Windows 11

Ada beberapa langkah awal yang perlu pengguna lakukan sebelum mengunduh aplikasi Android pada PC Windows 11 Anda. Pertama-tama, pastikan Windows versi terbaru sudah terinstal pada PC Anda (Public Preview Build 1.8. 32837.0). Anda juga perlu memastikan bahwa Microsoft Store diperbarui ke versi terbaru. Anda dapat melakukan ini dengan menuju ke Microsoft Store => Library => Get update.

Yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi Android tidak tersedia langsung dari Microsoft Store. Hal ini bisa saja berkaitan dengan pemasaran yang mungkin terjadi pada dua platform tersebut. Namun begitu pengguna tidak perlu khawatir, Anda dapat menginstal aplikasi Windows terpisah untuk mengakses ribuan aplikasi Android yang sudah Microsoft janjikan. Begini cara melakukannya:

1. Pada Windows 11, klik Start dan cari Microsoft Store.
2. Setelah muncul tampilan awal Microsoft Store, klik pada kolom pencarian, dan ketik Amazon Appstore.
3. Saat Anda menemukan Amazon Appstore, klik, dan mulai proses penginstalan. Anda mungkin diberitahu bahwa Anda perlu mengaktifkan sesuatu yang disebut “Virtualisasi” pada BIOS Anda.
4. Anda akan melihat pop-up muncul yang meminta Anda untuk mengunduh sesuatu yang disebut Subsistem Windows untuk Android. Tekan Unduh. Ini merupakan paket penginstalan yang diperlukan, namun Anda tidak perlu mencentang kotak yang mengizinkan akses Microsoft ke data diagnostik.
5. Klik Ya saat ditanya apakah Anda mengizinkan aplikasi ini membuat perubahan. Setelah selesai mengunduh, tekan Buka Amazon Appstore pada popup yang muncul.
6. Setelah layar pemuatan singkat, Anda harus masuk dengan akun Amazon Anda.

Ingat, Proses ini hanya perlu pengguna lakukan sekali saja, jadi jangan khawatir harus mengulangi langkah-langkah tersebut berulang kali. Dari Amazon Appstore, mengunduh aplikasi Android cukup mudah. Berikut cara melakukannya:

Cara Menggunakan Amazon Appstore

1. Buka aplikasi Amazon Appstore.
2. Cari aplikasi yang ingin Anda instal, dan klik untuk melihat detailnya.
3. Klik Dapatkan untuk mulai menginstal aplikasi. Catatan: Atau, Anda dapat mengklik Dapatkan pada foto pratinjau aplikasi.
4. Klik Buka pada aplikasi yang telah Anda instal.

Tampilan Amazon Appstore
Tampilan Amazon Appstore
Daftar Aplikasi Android Pada W1indows 11
Daftar Aplikasi Android Pada W1indows 11 from 9to5google

Setelah selesai, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi Android baru Anda pada PC Anda. Sebagian besar aplikasi terlihat di-porting untuk kontrol PC, jadi menggunakan tombol keyboard daripada kontrol sentuh, untuk alasan yang jelas.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.