Mirip iOS, Google Mulai Menampilkan Progres Penginstalan Aplikasi Baru pada Layar Beranda

  • Share
Google Play Store
Google Play Store

Setelah pengujian awal selama periode Android 12 Beta sejak Mei lalu, Google Play sekarang akan menampilkan Progres Penginstalan Aplikasi baru langsung pada layar beranda ponsel. Dalam hal ini nampaknya Google mulai meniru iOS yang juga progres penginstalan aplikasi baru muncul pada layar beranda.

Setelah mengetuk tombol hijau “Instal” pada Google Play Store, Anda akan melihat bahwa versi hitam-putih dari aplikasi yang Anda instal itu akan muncul pada layar beranda terbuka berikutnya dengan cincin progres dan label “Mengunduh …” dengan tampilan terpotong hingga pada penginstalan aplikasi selesai. Perlu Anda ketahui bahwa tampilan Progres ini hanya berfungsi untuk pemasangan aplikasi baru, bukan pada pembaruan aplikasi.

Progres Penginstalan Aplikasi Muncul Pada Layar Beranda
Progres Penginstalan Aplikasi Muncul Pada Layar Beranda

Setelah Progres tersebut selesai, maka label Mengunduh akan beralih ke “Menginstal …” dan ikon lengkap dengan warnanya akan muncul seperti biasanya seperti penginstalan selesai.

Seperti biasa, Google Play Store hanya dapat mengunduh satu aplikasi dalam satu waktu. Namun begitu, aplikasi yang sifatnya “Tertunda…” dengan cepat juga akan ditambahkan ke layar beranda Anda, meskipun bukan daftar aplikasi utama. Satu sentuhan yang bagus memungkinkan Anda segera mengatur ulang ikon saat muncul.

Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk unduhan besar dan/atau koneksi internet lambat. Pengguna dengan banyak peringatan lebih cenderung memperhatikan indikator layar beranda ini dibandingkan pemberitahuan biasa.

Progres pemasangan ini tampaknya akan sepenuhnya meluncur pada perangkat Android 11+ terlebih dahulu (ponsel Pixel dan non-Google). Namun ada beberapa laporan tentang lebih banyak pengguna yang mulai melihat kemampuan ini sejak sebulan yang lalu, hanya saja ketersediaannya secara luas terjadi dalam beberapa hari terakhir.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.