Pembaruan Windows 11: Gerakan Sentuh Baru, Folder Menu Start, dan Fitur Snap Layouts

  • Share
Tampilan Folder Baru Pada Menu Start
Tampilan Folder Baru Pada Menu Start

Windows 11 kembali menghadirkan pembaruan baru yang lebih menarik. Beberapa pembaruan tersebut diantaranya adalah gerakan sentuh baru, folder menu Start, Task Manager yang didesain ulang, dan banyak lagi peningkatan untuk Windows 11.

Versi baru Windows 11 saat ini baru tersedia untuk penguji hari ini, dan penuh dengan fitur baru yang tampaknya akan meningkatkan kinerja secara signifikan.

Folder Pada Start Menu

Tampilan Folder Pada Menu Start
Tampilan Folder Pada Menu Start from Microsoft

Folder menu Start yang baru akan memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menyesuaikan bagian menu Start yang disematkan ke dalam folder. Anda dapat menyeret aplikasi kemudian tindihkan pada aplikasi lain, maka baru akan membuat folder dengan otomatis. Selain itu, Anda dapat mengatur ulang aplikasi dalam folder dan bahkan menghapusnya.

Kemampuan untuk mengganti nama folder akan datang dalam pengujian masa mendatang. Akan tetapi ada baiknya untuk melihat lebih banyak penyesuaian pada menu Start, mengingat Windows 11 diluncurkan tanpa banyak cara untuk mengubah desain menu.

Gerakan Sentuh Baru

Pembaruan Gesture Sentuh Baru
Pembaruan Gesture Sentuh Baru from Microsoft

Microsoft juga akan menghadirkan lima gerakan sentuh baru ke Windows 11 yang akan berfungsi untuk penggunaan tablet yang sedikit lebih mudah. Pertama, kemampuan untuk menggesek ke atas pada bilah tugas untuk membuka Start Menu dan menggesek ke bawah untuk menutupnya lagi. Anda juga dapat menggesek antara yang disematkan, semua aplikasi, dan yang direkomendasikan / lainnya pada menu Start.

Gerakan sentuh baru ketiga memungkinkan Anda menggesek dari kanan bawah¬†untuk menampilkan menu Pengaturan Cepat. Hal ini akan berguna jika Anda perlu beralih mode pesawat dengan cepat atau mengakses pengaturan Bluetooth. Animasi untuk memunculkan Pusat Pemberitahuan juga telah ditingkatkan, dan ada gripper layar penuh baru di aplikasi berorientasi sentuh yang akan menghentikan Anda secara tidak sengaja menggesek dari tepi layar tablet. Microsoft juga mengatakan memutar perangkat Anda antara orientasi potret dan lanskap menjadi “lebih responsif.”

Fitur Snap Layouts (Tata Letak Baru)

Fitur Snap Layouts baru pada Windows 11 juga mengalami peningkatan. Hal ini yang memungkinkan Anda untuk menyeret aplikasi ke bagian atas jendela dan menggunakan semua tata letak baru. Sebelumnya opsi Tata Letak ini dapat Anda akses dengan cara menempatkan kursor pada icon Minimize di pojok kanan atas. Selain itu, Microsoft juga meningkatkan fitur Fokus untuk menyertakan mode Jangan Ganggu. Itu membuatnya jauh lebih mudah untuk membungkam notifikasi dengan cepat, jadi Anda hanya melihat notifikasi prioritas atau alarm.

Fitur Lain Windows 11

Perbaikan lain juga termasuk fitur drag and drop pada taskbar Windows 11. Ini adalah bagian besar yang hilang dari peluncuran awal, jadi pengguna Windows 11 akan senang melihat kembalinya ini. Microsoft juga mempermudah untuk melihat penyimpanan OneDrive Anda di dalam File Explorer dan meningkatkan fitur Akses Cepat untuk memungkinkan Anda menyematkan file serta folder.

Seperti biasa, fitur Windows 11 baru ini hanya dalam pengujian sekarang, yang berarti beberapa di antaranya kemungkinan akan muncul dalam pembaruan bulanan sepanjang tahun 2022. Apalagi Microsoft baru saja mengirimkan pembaruan besar pertama Windows 11 yang salah satunya menginstal aplikasi Android k PC Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.