Cara Membuat Google Chrome Lebih Hemat Baterai di Laptop

  • Share
Cara Membuat Google Chrome Lebih Hemat Baterai Di Laptop
Cara Membuat Google Chrome Lebih Hemat Baterai Di Laptop

Google Chrome dapat dikatakan sebagai salah satu browser dengan performa tercepat saat ini. Akan tetapi kecepatan itu harus dibayar mahal. Agar secepat itu, Chrome harus menggunakan lebih banyak CPU daripada yang biasa digunakan oleh browser lain. nah, jika penggunaan CPU-nya lebih banyak, maka akan menyebabkan baterai cepat terkuras habis.

Hal itu merupakan salah satu dari banyak alasan untuk tidak menggunakan browser Chrome pada Laptop. Karena ketergantungannya yang besar pada CPU yang menyebabkan baterai cepat habis, maka ini cukup menjadi masalah besar bagi sebagian pengguna. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang bisa pengguna lakukan untuk membuat Google Chrome lebih menghemat baterai laptop Anda.

Cara Membuat Google Chrome Lebih Hemat Baterai di Laptop

Hapus Ekstensi yang Tidak Perlu

Jika browser Chrome mengalami penggunaan CPU yang tinggi, salah satu penyebabnya adalah ekstensi yang mengamuk. Salah satu ekstensi Anda mungkin memiliki kode yang buruk, atau mungkin hanya memiliki bug. Akan tetapi dalam kedua kasus tersebut, Anda harus menghapusnya satu per satu untuk melihat hasilnya.

Nonaktifkan Akselerasi Hardware

Setelan Akselerasi Perangkat Keras memungkinkan browser berbagi beban pemrosesan yang berat antara CPU dan GPU Anda. Akan tetapi setelan ini tidak selalu berfungsi dengan baik. Bahkan, terkadang itu menyebabkan Chrome menggunakan lebih menguras baterai dari biasanya. Coba nonaktifkan fitur tersebut dengan cara:

  1. Klik pada tiga titik sudut kanan atas browser Anda dan klik Pengaturan.
  2. Pada jendela berikutnya, gulir ke bawah dan klik Lanjutan.
  3. Gulir ke bawah ke opsi Gunakan akselerasi perangkat keras saat tersedia.
  4. Terakhir, alihkan tombol ke posisi mati dan klik Luncurkan Ulang

Tutup Tab Tambahan

Yang satu ini tidak perlu dipikirkan. Setiap tab pada browser Chrome Anda menempati sejumlah memori CPU; semakin banyak tab yang Anda buka, semakin banyak memori CPU Anda yang akan dikeluarkan. Dan ini akan mengakibatkan baterai cepat habis.

Untuk memastikan bukan itu masalahnya, sebaiknya tutup semua tab tambahan yang tidak Anda gunakan. Untuk melakukannya, klik pada tab yang ingin Anda tutup, dan klik opsi Tutup (X). Atau, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + W pada Windows atau Cmd + W pada Mac untuk menutup tab. Melakukan hal ini akan menghasilkan pengurangan tajam dalam memori dan konsumsi baterai Chrome.

Gunakan Chrome Cleanup Tool

Penyebab lain dari konsumsi memori yang berlebihan, konsumsi baterai cepat habis, dan kinerja yang buruk bisa jadi adalah program malware dan adware yang licik. Karena kebiasaan menjelajah yang ceroboh, banyak komputer dapat terinfeksi program jahat.

Dan jika Anda adalah pengguna Windows, Anda beruntung. Chrome memiliki fitur gratis, yang disebut Chrome Cleanup Tool, hanya untuk komputer Windows. Ini menghapus semua program atau ekstensi berbahaya yang mungkin bertanggung jawab atas pengurasan memori yang berlebihan. Berikut cara mengakses alat ini:

  1. Buka Google Chrome, dan pilih tiga titik di sudut kanan atas layar.
  2. Dari sana, pilih Pengaturan => Lanjutan.
  3. Pilih Atur ulang dan bersihkan, lalu pilih Bersihkan komputer.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.