HMD Resmi Perkenalkan Nokia C21 dan C21 Plus yang Punya Bingkai Logam

  • Share
Nokia C21 Plus
Nokia C21 Plus

Masih berada di awal tahun 2022, HMD secara resmi memperkenalkan ponsel terbarunya yang masuk dari keluarga C series, yakni Nokia C21 dan C21 Plus yang memiliki bingkai logam dan layar yang yang cukup besar 6,5 inch.

Sebelumnya, HMD memperkenalkan ponsel Nokia C-series pertamanya pada tahun 2020 dan dalam waktu singkat sejak ponsel Android Go Edition yang terjangkau menjadi cukup populer. Mereka sudah mencapai 16% dari total penjualan smartphone perusahaan dalam 5 tahun terakhir. Dan sekarang ini HMD kembali lagi dengan C Seriesnya yang lebih memiliki kinerja cepat dan mumpuni.

Nokia C21 Plus

Nokia C21 Plus cukup mewah karena ponsel C hadir dengan sasis logam dan peringkat IP52, yang pertama untuk seri ini. Ponsel ini juga memiliki kaca yang dikeraskan pada bagian atas layar.

Berbicara tentang tampilan, Nokia C21 Plus memiliki panel layar 6,5” besar dengan resolusi 720 x 1.600 px (20:9). Ponsel ini menjalankan Android 11 Go Edition yang bersih dan akan menerima patch keamanan triwulanan selama dua tahun.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Unisoc SC9863A (28 nm, delapan core Cortex-A55 @ 1,6 GHz dan GPU PowerVR GE8322) yang dipasangkan dengan RAM 2GB, 3GB atau 4GB dan ditambah lagi penyimpanan 32GB atau 64GB dan ada slot microSD yang tersedia (ini adalah slot khusus pada versi dual-SIM).

Sedangkan pada bagian fotografinya, ada kamera selfie dengan sensor 5MP yang juga dapat digunakan untuk membuka kunci wajah. Ada juga pembaca sidik jari pada bagian belakang perangkat. Sedangkan pada kamera belakangnya, HMD membekali kamera utama 13 MP (dengan AF) ditambah sensor kedalaman 2MP dan lampu kilat LED.

Menariknya, ada dua versi C21 Plus. Satu memiliki baterai 5.050 mAh untuk masa pakai baterai tiga hari, yang lain lebih ringan dengan kapasitas baterai 4.000 mAh untuk masa pakai baterai dua hari. Kedua perangkat ini sama-sama memiliki pengisi daya 10W (yang berfungsi melalui microUSB) dalam box paket ritel penjualan langsung.

Nokia C21

Nokia C21 adalah varian lebih terjangkau dari versi ‘Plus’. Ini memiliki layar 6,5” yang sama (720 x 1.600 px) dan bingkai logam ditambah kaca yang dikeraskan. Namun, tidak ada peringkat IP resmi seperti halnya pada versi Plus.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Unisoc yang sama, hanya saja pada pilihan kapasitas RAM dibatasi hingga 2GB atau 3GB, penyimpanan lagi-lagi 32GB atau 64GB. Slot microSD khusus tetap seperti komitmen patch keamanan selama 2 tahun.

Salah satu perbedaan utama di sini adalah baterainya yang memiliki kapasitas lebih kecil, yakni 3.000 mAh, 25% lebih rendah daripada versi C21 Plus yang berkapasitas lebih rendah. Selain itu, ia hanya mendukung pengisian daya pada 5W (dan dilengkapi dengan paket
pengisi daya 5W dan kabel microUSB dalam kotak).

Kamera utama juga diturunkan menjadi 8 MP, namun kamera selfie tetap mempertahankan sensor 5 MP. Membuka kunci wajah dan sidik jari keduanya tersedia dalam varian standar ini.

Hingga berita ini ditulis, belum mendapat informasi yang pasti kapan Nokia C21 dan C21 Plus akan hadir di pasaran. Namun begitu, HMD berjanji akan segera merilis ke pasar global.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.