Cara Menjalankan Chrome OS Flex di PC Windows atau Macbook

  • Share
Cara Menjalankan Chrome OS Flex
Cara Menjalankan Chrome OS Flex

Google mengumumkan bahwa saat ini PC Windows ataupun Macbook sudah dapat menjalankan Chrome OS Flex. Chrome OS Flex merupakan salah satu sistem operasi pengembangan dari Chrome OS. Google membuat program baru agar sistem operasi tersebut bisa berjalan terutama pada PC dan komputer lain layaknya sebuah Chromebook.

Dengan demikian Chrome OS Flex bisa dikatakan sebagai “versi resmi” dari Chrome OS yang bisa di-install pada komputer atau laptop selain Chromebook. Meski demikian, untuk sementara sistem operasi ini disebut Google tidak akan dilengkapi dengan toko aplikasi Play Store seperti halnya yang ada pada laptop Chromebook.

Dengan metode USB, Anda dapat menguji drive Chrome OS Flex tanpa merusak apa pun pada komputer Anda dan membuat keputusan apakah itu Anda akan menginstalnya pada PC Anda atau tidak.

Perangkat yang Didukung Chrome OS Flex

Tidak ada daftar resmi yang Google rilis untuk perangkat yang bisa Anda instal Chrome OS Flex. Hanya saja Chrome OS Flex ini bisa di instal untuk sebagian besar PC atau Laptop lawas. Jadi Penulis sarankan bagi Anda untuk mencobanya apakah perangkat yang Anda miliki mendukung untuk menginstal Chrome OS Flex tersebut.

Melalui metode pemasangan USB, tidak ada resiko untuk mencoba Chrome OS Flex, jadi jika Anda berniat untuk memiliki Chromebook sejak dulu, saat sekarang beralih dan mencoba Chrome OS Flex pada perangkat lawas Anda.

Cara Membuat Bootable Chrome OS Flex

Siapkan Drive USB

Hal pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan drive USB. Anda disarankan menggunakan drive USB 3.0 untuk proses yang lebih cepat dalam menjalankan Chrome OS Flex dengan cara yang semulus mungkin karena pada USB 3.0 memiliki kecepatan baca/tulis yang cukup baik ketimbang USB 2.0. Jadi Chrome OS tersebut akan berjalan pada USB Anda sebelum menginstal sepenuhnya pada perangkat Anda.

Satu hal lagi, Anda harus memastikan drive Anda setidaknya memiliki kapasitas 8GB. Perlu juga Anda catat bahwa Chrome OS Flex pada USB dimaksudkan untuk tujuan percobaan, dan hanya menginstal gambar OS sekitar 3,7 GB ruang penyimpanan. Karena untuk saat ini Chrome OS Flex memiliki ukuran 3,7 GB, namun bukan tidak mungkin jika hal ini bisa saja berubah pada kemudian hari.

Buat Bootable Chrome OS Flex pada Drive USB

Sekarang setelah Anda memiliki persyaratan di atas, mari kita instal disk image! Untuk melakukan ini, Anda memerlukan Chromebook Recovery Utility yang sudah harus terpasang melalui ekstensi Chrome.

Chromebook Recovery Utility
Chromebook Recovery Utility

Setelah Anda menginstal ekstensi, buka dan Anda akan disambut dengan layar selamat datang. Anda harus mengosongkan drive USB Anda terlebih dahulu dengan cara Klik roda gigi pada bagian atas dan pilih ‘Erase recovery media.’ Anda akan mendapatkan prompt cepat untuk memastikan Anda ingin melanjutkan, dan setelah setuju, drive USB Anda akan siap untuk melakukan proses selanjutnya. Namun jika drive Anda sudah kosong, Anda dapat melewati langkah ini.

Membersihkan Drive USB
Membersihkan Drive USB

Setelah Anda memiliki drive yang bersih, Anda cukup meletakkannya pada salah satu port USB. Tekan tombol ‘Mulai‘, dan layar akan menampilkan di mana Anda harus memilih gambar disk yang ingin Anda instal. Untuk ini, Anda akan mengklik ‘Pilih model dari daftar‘ dan kemudian pilih ‘Google Chrome OS Flex‘ dari drop down pertama. Drop down kedua hanya memiliki satu opsi: ‘Chrome OS Flex (Developer-Unstable).

Memilih Chrome OS Flex
Memilih Chrome OS Flex

Maka, layar berikutnya akan menanyakan drive apa yang Anda inginkan untuk menginstal disk image, dan di sinilah Anda akan memilih drive USB yang telah Anda siapkan tadi. Jika Anda memiliki drive lain yang terpasang, saya sarankan Anda cukup mencabutnya sebelum melanjutkan hanya untuk memastikan Anda tidak memilih Drive USB yang salah (disarankan Anda mencabut semua drive USB yang terpasang pada perangkat Anda dan menyisakan satu drive USB saja). Pilih perangkat USB Anda dan tekan ‘lanjutkan’ dan kemudian ‘Buat sekarang’ di layar berikutnya untuk memulai proses.

Pilih Drive USB
Pilih Drive USB from chromeunboxed

Setelah proses selesai, Anda akan diminta bahwa instalasi pada Drive Anda selesai dan Anda dapat mencabut drive dengan aman. Sekali lagi, ini dapat dilakukan melalui perangkat apa pun yang menjalankan Chrome.

Cara Menjalankan Chrome OS Flex

Nah, untuk menjalankan Chrome OS Flex melalui drive USB Anda, lakukan Restart perangkat Anda, lalu atur Boot agar perangkat Anda melakukan Boot melalui Drive USB. Selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.