Jangan Asal Instal Windows 11, Microsoft Akan Mengirim Peringatan Pada Perangkat yang Tidak Didukung

  • Share
Windows 11
Windows 11

Microsoft nampaknya akan mulai memberikan peringatan terhadap pengguna yang menjalankan Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung. Hal ini berdasarkan pada pembaruan versi terbaru yang dirilis ke Insiders pada saluran Pengembang.

Nantinya saat pengguna membuka aplikasi Pengaturan, Windows 11 akan memberi tahu pengguna jika PC mereka tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan OS. Walaupun hal tersebut tidak akan menghentikan pengguna untuk menjalankan OS Windows 11 tersebut.

Peringatan ini akan ditampilkan seperti halnya tanda air yang biasanya Anda temukan saat Windows tidak aktif. Letaknya sama seperti saat Windows tidak aktif, yakni berada pada bagian pojok kanan bawah.

Untuk menginstal Windows 11, Microsoft sendiri telah merilis secara resmi persyaratan minimum yang harus pengguna miliki sebelum menginstalnya. Inilah yang sebenarnya menyebabkan sedikit masalah pada beberapa pengguna Windows. Selain terdapat opsi menggandakan jumlah RAM yang dibutuhkan, masalah utama yang dihadapi banyak pengguna adalah bahwa Microsoft membatasi kompatibilitas untuk prosesor generasi yang lebih baru, meninggalkan banyak mesin yang masih digunakan secara aktif.

Baru kemudian, Microsoft menjelaskan bahwa CPU yang lebih tua mengalami sistem crash lebih sering, yang berarti pengalaman akan kurang optimal.

Sekarang, peringatan ini hanya ditampilkan kepada pengguna yang menjalankan Windows 11 versi Dev pada perangkat keras yang tidak didukung. Hanya saja, belum ada indikasi kapan peringatan itu akan rilis secara global untuk memastikan bahwa pengguna yang sudah menginstal Windows 11 dapat mendeteksi perangkatnya sendiri agar tidak berpengaruh pada kinerja yang kurang maksimal. Sepertinya perubahan yang cukup kecil akan meluncur dengan pembaruan kumulatif sederhana, tetapi bisa datang dengan pembaruan fitur berikutnya, yang diharapkan akhir tahun ini.

Perlu Anda ketahui bahwa “Peringatan pada aplikasi Pengaturan dapat membantu pengguna memahami alasan di balik masalah apa pun yang mungkin mereka hadapi, dan selalu memungkinkan untuk kembali ke Windows 10 jika mereka menginginkannya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.