7 Tips dan Trik Google Foto yang Wajib Pengguna Ketahui!

Tips Dan Trik Google Foto
Tips Dan Trik Google Foto

Google Foto merupakan salah satu layanan penyimpanan milik Google yang berfungsi lebih spesifik pada sebuah Foto. Hal ini berbeda dengan Google Drive yang juga layanan penyimpanan Google mencakup semua file. Google foto ini diluncurkan pertama kalinya pada 28 Mei 2015 lalu. Layanan ini merupakan sempalan dari Google+, yang merupakan jejaring sosial dari perusahaan yang sama. Pada saat peluncurannya, peninjau menyatakan bahwa layanan ini adalah yang terbaik yang memiliki banyak manfaat untuk menyimpan kenangan pengguna.

Sebelumnya Google memberikan space yang tak terbatas pada penyimpanan Google Foto, namun kali ini berubah dengan memberikan batasan tertentu. Meskipun penyimpanan tak terbatas adalah sesuatu dari masa lalu, namun Google Foto masih merupakan salah satu aplikasi manajemen foto terbaik yang tersedia untuk Android saat ini. Desainnya yang lugas dipasangkan dengan perubahan Material You yang baru-baru ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin mengatur perpustakaan foto dan video mereka.

Nah untuk itu, sekarang ini Penulis akan memberikan Tips dan Trik terbaik yang sebelumnya tidak Anda ketahui tentang cara memanfaatkan Google Foto dengan baik untuk membuat manajemen Foto Anda lebih rapi.

7 Tips dan Trik Google Foto yang Wajib Pengguna Ketahui!

Tag Orang dan Hewan

Google Foto dapat mengelompokkan semua foto orang atau hewan peliharaan berdasarkan nama. Setelah Anda menetapkan nama untuk seseorang atau hewan peliharaan, Anda hanya perlu mencari nama mereka di aplikasi untuk menemukan semua foto. Namun, sebelum Anda mulai memberi label, Anda harus memeriksa apakah Pengelompokan Wajah telah diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Pengelompokan Wajah

1. Buka Google Foto
2. Ketuk gambar profil Anda pada kanan atas layar. Lalu pilih pengaturan Foto.
3. Pilih Kelompokkan wajah yang mirip.
4. Aktifkan sakelar Pengelompokan wajah.

Cara Tag Orang dan Hewan di Google Foto

1. Ketuk Cari pada bagian bawah layar Anda. Lalu lihat semua pada bagian bawah deretan wajah di bagian atas layar Anda.
2. Gulir ke bawah untuk menemukan orang/hewan peliharaan yang ingin Anda beri label.
3. Ketuk wajah untuk melihat semua foto mereka. Lalu Tambahkan nama, Masukkan nama.
4. Pilih Selesai.

Setelah Anda mengidentifikasi seseorang atau hewan Anda, setiap foto baru mereka akan diberi label secara otomatis. Terkadang Google mungkin meminta Anda mengonfirmasi label untuk meningkatkan akurasinya saat Anda membuka aplikasi.

Kompres Foto

Meskipun Google Foto tidak lagi mengizinkan penyimpanan cloud tanpa batas, satu solusi adalah dengan mengurangi ukuran gambar Anda. Cara ini tidak akan mengurangi kualitas secara drastis dan hanya akan terlihat jika foto dibesar-besarkan ke ukuran yang jauh lebih besar. Demikian pula, itu tidak akan mengubah kualitas gambar yang Anda ambil, jadi ponsel Anda akan menyimpan gambar apa pun yang tidak dicadangkan dengan kualitas aslinya.

1. Buka Google Foto
2. Ketuk gambar profil Anda pada kanan atas layar Anda. Lalu pilih Pengaturan Foto.
3. Pilih Pencadangan & Sinkronisasi. Kemudian Unggah Ukuran.
4. Anda harus memilih kualitas tempat Anda ingin menyimpan foto.
5. Ketuk tombol panah tarik-turun pada setiap opsi untuk menampilkan detail setiap pengaturan.

Scan Foto dengan Google Lens

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan teks, mengidentifikasi tumbuhan dan hewan, berbelanja pakaian, menyalin teks ke komputer Anda, memecahkan persamaan, mengidentifikasi bagian permainan papan, dan banyak lagi.

1. Buka Google Foto
2. Ketuk foto yang ingin Anda pindai. Lalu pilih Lens.
3. Gulir ke kiri atau kanan untuk mengubah metode pencarian.
4. Geser ke atas untuk memperluas pencarian.

Buat Album Live yang Diperbarui Secara Otomatis

Album Live menghilangkan pekerjaan manual dalam membuat dan memperbarui album. Saat membuat Album Langsung, Anda akan memilih orang tertentu yang ingin Anda sertakan. Setiap foto mereka pada masa mendatang akan ditambahkan secara otomatis ke album ini.

1. Buka Google Foto, lalu ketuk Perpustakaan pada bagian bawah layar Anda.
2. Ketuk Album Baru. Tambahkan judul dan beri nama album Anda.
3. Selanjutnya Pilih foto. Ketuk semua foto yang ingin Anda tambahkan ke album ini.
4. Ketuk Konfirmasi untuk membuat album Anda.

Buat Film, Kolase, dan Animasi

Jika Anda ingin mengedit foto atau video menjadi sesuatu yang lebih substansial daripada album, Google Foto bisa membuatkan momen Anda menjadi lebih spesial. Seperti halnya membuat film, kolase dan juga animasi dari foto-foto Anda.

Membuat film menyediakan cara cepat untuk mengedit hingga lima puluh foto dan video bersama dengan musik pengiring. Ini adalah alat yang relatif sederhana, tetapi sangat mudah digunakan. Kolase memungkinkan Anda memilih dua hingga sembilan foto, lalu mengaturnya secara otomatis untuk Anda. Animasi hanya akan memutar tayangan slide hingga lima puluh foto.

1. Buka Google Foto, masuk ke Perpustakaan pada bagian bawah layar Anda.
2. Ketuk Utilitas pada bagian kanan atas layar Anda. Lalu gulir ke bawah ke judul Buat Baru.
3. Ketuk Film, Animasi, atau Kolase.
4. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada pada layar.

Memberikan Efek Blur pada Latar Belakang Foto Anda

Mode potret adalah cara yang bagus untuk meningkatkan selfie Anda dengan memburamkan latar belakang, tetapi bagaimana jika Anda sudah mengambil foto? Untungnya ada opsi bagus dalam Google Foto yang memungkinkan Anda melakukannya. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi jika Google Foto mendeteksi wajah dalam gambar bukan objek lain.

1. Buka Google Foto, ketuk foto yang ingin Anda buramkan latar belakanya.
2. Ketuk Sunting, lalu Gulir ke kanan pada bilah opsi.
3. Pilih Alat, klik Buram.
4. Anda dapat menyesuaikan pengaturan dengan preferensi Anda.
5. Ketuk Selesai, lalu Simpan salinan.

Buat Album Bersama

Berbagi album sangat ideal untuk mengumpulkan foto liburan atau memberi teman Anda tempat yang nyaman untuk melihat semua foto Anda. Semua foto yang dibagikan dengan cara ini dapat diedit dan diunduh oleh penerima.

1. Ketuk album yang ingin Anda bagikan, lalu pilih Bagikan.
2. Selanjutnya pilih kontak yang ingin Anda bagikan.
3. Untuk melihat semua kontak Anda, gulir ke kanan dan ketuk Lainnya.
4. Personalisasi undangan Anda dengan catatan (opsional) dan ketuk Kirim.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Budi Van Dijk

Budi Van Dijk

Total posts created: 366
Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *