Cara Mudah Menulis Tanpa Mengetik di Google Docs

  • Share
Cara Mudah Menulis Tanpa Mengetik
Cara Mudah Menulis Tanpa Mengetik

Pernahkah Anda menulis sesuatu pada layar komputer ataupun ponsel tanpa perlu mengetiknya? Jika belum pernah, saatnya Anda mengetahui cara paling berharga ini. Menulis tanpa mengetik merupakan sebuah aktifitas yang dapat Anda lakukan melalui perintah suara yang kemudian dikonversi menjadi sebuah tulisan.

Google Docs merupakan layanan pengolah kata yang dapat dapat Anda gunakan secara gratis hanya dengan menggunakan akun Google anda. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menulis apapun, di manapun, dan kemudian membagikannya dengan siapapun yang Anda inginkan. Google Docs sifatnya online, jadi jika ingin menggukannya, Anda perlu menggunakan jaringan internet untuk dapat mengakses layanan tersebut.

Google Docs merupakan salah satu layanan Google yang bisa Anda gunakan dengan mudah jika Anda memiliki akun Google. Beberapa layanan lainnya yang bisa Anda manfaatkan seperti halnya Spreadsheet, Slide, dan Formulir, dan lainnya. 

Lantas, bagaimana jika Anda ingin menuliskan sesuatu pada Google Docs namun Anda tidak ingin mengetiknya? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba jika Anda sedang capek mengetik namun perlu menulis sesuatu pada Google Docs.

Cara Mudah Menulis Tanpa Mengetik di Google Docs

Anda dapat memanfaatkan fitur Voice Typing untuk bisa menulis tanpa perlu mengetik. Teknologi voice typing ini sebenarnya adalah hasil pengembangan dari engine speech to text yang dipelopori salah satunya oleh tim developer Google. Kemampuan untuk mentranskripsi suara menjadi tulisan menggunakan kecerdasan buatan bekerja mirip dengan teknologi kembarannya yaitu text to speech. Berikut cara menggunakan Voice Typing di Google Docs.

1. Buka terlebih dahulu Google Docs (Dokumen Google), melalui link berikut ini docs.google.com/document/u/0. Ingat, untuk dapat mengakses Google Docs ini, Anda harus login menggunakan akun Google alias Gmail.

Tampilan Google Docs
Tampilan Google Docs

2. Setelah Dokumen terbuka, arahkan kursor atau klik menu Tools pada bagian atas jendela aplikasi dan pilih menu Voice Typing.

Buka Fitur Voice Typing
Buka Fitur Voice Typing

3. Untuk lebih memudahkan, Anda dapat juga menggunakan pintasan cepat dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + S secara bersamaan di keyboard laptop/PC yang Anda gunakan.
4. Selanjutnya, izinkan akses mikrofon jika muncul pada notifikasi di bagian atas browser, hal ini diperlukan agar Google Docs dapat menerima suara yang Anda ucapkan.

Mengizinkan Akses Mikrofon Ke Google
Mengizinkan Akses Mikrofon Ke Google

5. Maka akan muncul icon speaker yang berwarna hitam hingga berubah menjadi warna merah. Jika sudah, Anda sudah dapat langsung mengetik menggunakan suara. Silahkan ucapkan kalimat yang ingin Anda tulis pada dokumen dan Anda bisa langsung melihat tulisan tersebut pada layar Google Docs Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.