Cara Menggunakan Fitur Pencarian Baru Google Drive

  • Share
Fitur Pencarian Baru Google Drive
Fitur Pencarian Baru Google Drive

Google Drive sebagai salah satu media untuk menyimpan, berbagi, dan menyinkronkan file secara online. Baik menggunakan Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide yang tentunya sudah familiar dengan antarmuka yang lugas dan intuitif.

Sekarang ini, Google telah menambahkan alat pencarian yang lebih komprehensif pada Drive yang telah diberi dorongan ekstra dengan diperkenalkannya chip pencarian baru. Nah, disini Penulis akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakannya, dan beberapa trik lain untuk membantu Anda menemukan file di Google Drive dengan lebih mudah.

Cara Menggunakan Chip Pencarian Baru di Google Drive

Chip pencarian yang dimaksudkan dapat memudahkan Anda mempersempit hasil pencarian pada Google Drive. Sebelumnya fitur ini juga terlihat pada Gmail yang memiliki fitur mengaktifkan filter untuk mempersempit hasil pencarian yang Anda lakukan. Chip ini biasanya akan muncul pada bawah kotak pencarian, memungkinkan Anda untuk membatasi jumlah hasil yang Anda lihat dengan satu klik.

Chip Pencarian Baru Google Drive
Chip Pencarian Baru Google Drive

Untuk melihat fitur chip pencarian, Anda harus menggunakan Google Drive versi web bukan aplikasi seluler. Ketikkan pencarian menggunakan kotak pencarian pada bagian atas, lalu tekan Enter, dan Anda akan melihat deretan chip pencarian muncul yang menyertakan opsi seperti Lokasi, Jenis file, dan Orang.

Klik salah satu tombol ini untuk memilih parameter baru pada pencarian Google Drive Anda. Pilih Jenis file, misalnya, dan Anda dapat membatasi hasil Anda ke dokumen, spreadsheet, atau presentasi. Buka opsi Terakhir diubah untuk membatasi hasil pada file yang diedit dalam minggu atau bulan terakhir.

Melakukan pencarian judul adalah salah satu yang berguna. Saat Anda menjalankan pencarian di Google Drive, pencarian itu akan melihat isi file Anda, mulai dari nama, bahkan memindai teks di dalam gambar. Jika Anda mencari nama file tertentu dalam semua file, Judul hanya menentukan dan dapat secara signifikan mengurangi jumlah hasil yang Anda dapatkan.

Jika Anda ingin kembali dan melihat hasil pencarian secara luas lagi, klik ikon X kecil yang terletak pada sebelah chip pencarian yang telah Anda aktifkan tadi. Anda juga dapat menggunakan tombol Hapus semua pada sebelah kanan untuk menghapus semua filter pencarian yang Anda perkenalkan. Untuk menghapus istilah pencarian Anda, klik X di sebelah kanan kotak pencarian.

Google Drive juga telah memperkenalkan saran ejaan. Jika Anda salah mengeja sesuatu dalam istilah pencarian Anda, Anda mungkin melihat ejaan alternatif di atas chip pencarian, terutama jika alternatif tersebut lebih masuk akal dalam hal hasil yang akan Anda dapatkan kembali.

Google Drive Lebih Banyak Opsi Pencarian

Opsi Pencarian Google Drive
Opsi Pencarian Google Drive

Banyak fungsi yang ditawarkan oleh chip pencarian sebenarnya sudah tersedia di Google Drive, tetapi sekarang lebih mudah untuk diakses. Segera setelah Anda mengklik di dalam kotak pencarian di bagian atas, misalnya, Anda akan melihat daftar jenis file yang dapat Anda cari.

Klik ikon filter pencarian di sebelah kanan kotak pencarian (terlihat seperti serangkaian penggeser) untuk melihat berbagai opsi yang tersedia saat mencari file di Google Drive. Anda dapat mencari kata-kata yang cocok dengan nama file atau konten file Anda, misalnya, dan menelusuri file di folder tempat sampah atau yang sebelumnya Anda bintangi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.