29 March 2022

Cara Mengatasi Masalah Voice Typing Tidak Muncul di Google Docs

Masalah baru muncul bagi beberapa pengguna yang tidak dapat menemukan fitur Voice Typing pada Google Docs-nya. Voice Typing merupakan salah satu fitur yang mampu mengubah suara menjadi teks. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang capek mengetik pada komputer ataupun ponsel Anda.

Melalui fitur yang bernama Voice Typing ini, Anda cukup menyuarakan apa yang ingin Anda tulis ke dekat microphone Anda. Lalu, menggunakan program text-to-speech, suara tersebut akan diketikkan secara otomatis pada dokumen Google Anda.

Opsi Voice Typing Tidak Muncul

Opsi Voice Typing Tidak Muncul

Namun, banyak pengguna yang tidak dapat menemukan opsi tersebut, saat mereka membuka Google Docs. Hal ini ternyata sudah banyak dikeluhkan oleh pengguna yang bahkan tetap kesulitan dalam mengatasi masalah yang terjadi. Namun dari beberapa referensi dan ujicoba yang sudah Penulis lakukan, ternyata ada beberapa hal yang harus pengguna lakukan agar fitur tersebut muncul dan bisa digunakan.

Cara Mengatasi Masalah Voice Typing Tidak Muncul di Google Docs

Salah satu penyebab tidak semua orang berhasil mengaktifkan fitur Voice Typing pada Google Docs karena opsi voice typing terkadang tidak muncul jika akun Google Anda masih menggunakan bahasa Indonesia. Solusinya, ubah bahasa akun Google Anda dengan menggunakan Bahasa Inggris jika Anda ingin memanfaatkan fitur Voice Typing ini.

1. Buka pengaturan akun Google Anda melalui tautan ini myaccount.google.com, kemudian masuk pada opsi Info Pribadi

Pengaturan Akun Google

Pengaturan Akun Google

2. Scroll ke bagian bawah hingga muncul Preferensi umum untuk web, kemudian Bahasa
3. Selanjutnya Ganti bahasa yang kamu gunakan menjadi Inggris dengan lokasi US (United States).

Ubah Bahasa

Ubah Bahasa

4. Setelah itu, buka kembali Google Docs dan buat dokumen baru, maka fitur voice typing pada Google Docs (Word) sudah bisa Anda gunakan.

Buka Fitur Voice Typing

Buka Fitur Voice Typing

Dengan begitu, maka sekarang Anda sudah dapat menggunakan fitur Voice Typing yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis tanpa perlu mengetik pada keyboard. Cukup dengan berbicara dengan jelas, maka apa yang Anda ucapkan akan ditransfer menjadi sebuah tulisan.

Share
Avatar photo

Budi Van Dijk

Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *