Google Chrome 99 Hadirkan Fitur ‘Show Side Panel’

  • Share
Fitur Baru Pada Google Chrome 99
Fitur Baru Pada Google Chrome 99

Google terus memberikan layanan terbaik terutama pada browsernya ‘Chrome’ dengan selalu menghadirkan fitur-fitur terbarunya. Fitur yang baru saja Google rilis pada Chrome versi 99.0.4844.82 adalah menambahkan opsi ‘Show side panel’ yang terletak pada bagian pojok kanan atas, tepatnya pada sisi kiri foto Profil Anda.

Fitur tersebut berisi 2 opsi, yakni Reading List dan Bookmarks. Reading list ini sebenarnya sudah hadir pada versi sebelumnya dengan letak yang sama yang di dalamnya berisi tab-tab yang Anda buka, hampir sama dengan history penelusuran. Hanya saja pada reading list ini berisi tab-tab yang masih aktif atau saat ini Anda buka. Sedangkan pada Bookmarks berisi semua bookmarks yang sebelumnya tersimpan pada akun Google Anda, sama seperti yang muncul pada pada sisi atas bar jika Anda memunculkannya.

Fitur Show Side Panel Pada Chrome
Fitur Show Side Panel Pada Chrome

Bahkan tidak hanya itu saja, pada fitur Show side panel ini juga bisa Anda jadikan sebagai area penjelajahan. Anda cukup mengaktifkan beberapa flags yang dibutuhkan jika Anda ingin menggunakan fitur Side Search.

Apa itu Side Search atau Pencarian samping?

Chrome Side Search
Chrome Side Search from techdows

Tahun lalu, Google mengumumkan sedang melakukan percobaan melalui Chrome OS dengan menghadirkan opsi Side Panel yang membantu pengguna untuk membandingkan hasil pencarian dengan mudah.

Fitur ini memungkinkan untuk “melihat halaman dan hasil pencarian secara bersamaan” dan menghindari kebutuhan untuk “menavigasi bolak-balik atau kehilangan hasil pencarian”. Google telah mengatakan bahwa akan memperluas eksperimen ini ke Platform lain untuk masa depan. Nah, sekarang, Google mulai memperluas uji coba ini pada Chrome Canary Windows.

Cara Mengaktifkan Pencarian Samping/Side Search pada Google Chrome

  1. Buka browser Chrome Anda, lalu kunjungi chrome://flags
  2. Temukan Side search and Side Search DSE support, di menu drop-down pada sebelah masing-masing pilih “Enable/Aktifkan” dan mulai ulang browser.

Cara Menggunakan Pencarian Samping Google di Chrome Canary

  1. Cari sesuatu seperti biasa Anda lakukan, kemudian klik salah satu hasil pencarian, maka ikon Side Search akan muncul sebelum tombol menu Bagikan pada kolom alamat.
  2. Klik untuk membuka hasil pada Panel Samping di sisi kanan.
  3. Setiap klik di SERP pada panel samping sebelah kanan menampilkan halaman pada tab yang sama sementara Panel Samping disematkan dan tetap permanen.
  4. Untuk menutup Panel Samping, klik ikon x, maka ini akan menutup panel pencarian Samping.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.