Fitur Windows 11 22H2 Janjikan Perlindungan Signifikan dari Ancaman Malware, Benarkah?

  • Share
Windows 11 Sun Valley 2
Windows 11 Sun Valley 2

Windows 11 Sun Valley 2 atau yang lebih dikenal dengan versi 22H2 akan segera meluncur dalam beberapa bulan kedepan. Ini akan menjadi salah satu pembaruan fantastis bagi Windows 11. Misalnya dengan mengembalikan fitur yang sebelumnya dihapus, meningkatkan antarmuka pengguna, dan menambahkan fitur baru ke sistem operasi. Salah satu hal yang menjadi tambahan penting adalah alat keamanan baru yang akan mencegah aplikasi jahat menyusup ke PC Anda (Malware).

Kehadiran Windows 11 Build 22567 nantinya akan menambahkan alat keamanan baru ke Pengaturan Windows, aplikasi pengaturan bawaan untuk sistem operasi. Ini yang dinamakan dengan “Kontrol Aplikasi Cerdas” dan bertujuan untuk memberikan “perlindungan signifikan” dari aplikasi jahat atau tidak tepercaya.

Nah, untuk melindungi perangkat Anda, Kontrol Aplikasi Cerdas juga akan memblokir aplikasi yang mungkin tidak Anda inginkan. Aplikasi potensial yang tidak diinginkan ini termasuk aplikasi yang dapat memperlambat perangkat Anda, selalu menampilkan iklan dalam aplikasi acak, mengubah mesin pencari pada browser Anda, menginstal perangkat lunak tambahan. Tak hanya itu saja, mungkin ada masalah lain dan dapat diatasi dengan fitur Kontrol Aplikasi Cerdas Windows 11 nanti.

Istilah “tidak tepercaya” atau tidak diinginkan agak subjektif, tetapi Microsoft mengatakan telah mengembangkan solusi uniknya sendiri untuk secara otomatis mendeteksi dan menandai aplikasi yang dianggap mencurigakan.

Dimulai dengan Windows 11 versi 22H2, Smart App Control akan memindai aplikasi untuk mengonfirmasi apakah mereka ditandatangani oleh pengembang dan apakah tanda tangan itu valid atau tidak.

Karena biasanya semua pengembang dan perusahaan yang baik tentunya mengikuti praktik keamanan standar dan menandatangani aplikasi menggunakan sertifikat digital. Hal ini untuk menyatakan dan memverifikasi identitas mereka benar-benar aplikasi asli dan aman. Kontrol Aplikasi Cerdas ini nantinya akan memeriksa sertifikasi terhadap aplikasi yang berjalan pada Windows 11. Dan jika analisa tersebut menunjukkan tanda tangan sebagai valid dan aplikasi tersebut akan masuk dalam kategori tidak berbahaya alias aman.

Namun, jika tanda tangan aplikasi terdeteksi tidak valid, Kontrol Aplikasi Cerdas akan mengomunikasikannya dengan Microsoft Defender untuk memblokir semua yang berjalan dalam sistem.

Cara Mengaktifkan Fitur Smart App Control

Smart App Control
Smart App Control

Microsoft saat ini sedang menguji fitur Kontrol Aplikasi Cerdas dengan pengguna tertentu dan Anda dapat mengaktifkannya melalui pengaturan:

1. Buka Pencarian Windows.
2. Cari Smart App Control atau Kontrol Aplikasi Cerdas.
3. Pilih aplikasi dari hasil pencarian tersebut.

Secara default, fitur dimulai dalam mode evaluasi di mana fitur tersebut mencoba untuk menentukan semua aplikasi yang telah terinstal pada perangkat Anda. Jika tidak ada indikasi mencurigakan dengan syarat yang telah Microsoft tetapkan, maka aplikasi tersebut akan tetap berjalan seperti biasanya.

Anda selalu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Kontrol Aplikasi Cerdas dari Pengaturan, tetapi mode evaluasi hanya berfungsi satu kali dan menjadikan instalasi Windows yang bersih dan aman.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.