YouTube Hadirkan Transkripsi Video ke Aplikasi Android-nya

  • Share
Transkripsi YouTube Seluler
Transkripsi YouTube Seluler

Sebelumnya fitur Transkripsi Video lebih dulu hadir ke YouTube Desktop yang biasanya bertujuan untuk menemukan kutipan atau bagian favorit dari sebuah video. Hal ini yang terkadang membuat pusing bagi mereka yang menonton video dan ingin mencari bagian penting dari video tersebut.

Nah, dengan adanya transkripsi video ini membuat pengguna jadi lebih mudah menemukan hal penting dari sebuah video unggahan di YouTube. Dan hal terbaiknya adalah tampaknya Google akan membawa fitur tersebut ke aplikasi seluler-nya.

Saat ini, Anda harus tetap menggunakan situs YouTube desktop melalui browser untuk melihat transkripsi lengkap dari unggahan video yang Anda pilih. Dengan fitur baru ini, Anda tidak perlu duduk di depan komputer untuk menggulir skrip. Setelah video di-play, Anda dapat mengeklik tombol “Tampilkan Transkrip” yang terdapat pada bagian bawah deskripsi video jika Anda memperluasnya yang diapit antara setiap bab yang disediakan dan unggahan lain yang disarankan dari saluran YouTube.

Opsi transkripsi ini tampak sangat mirip dengan apa yang telah tersedia pada desktop untuk sementara waktu sampai sekarang ini, tetapi kemudian dialihkan ke UI yang ramah seluler sehingga pengguna lebih mudah menemukan bagian penting dari sebuah video jika menonton menggunakan ponsel. Anda dapat menggulir skrip lengkap pada ponsel Anda, baik untuk membaca bersama dengan video atau melompat langsung ke hal penting dari video Anda.

Hanya saja, fitur Transkripsi pada YouTube seluler ini tanpa kemampuan untuk langsung mencari melalui baris layaknya pada versi Desktop, jadi mungkin sedikit kurang nyaman jika dibandingkan dengan versi desktop. Karena metode sebelumnya untuk memuat transkripsi seluler melibatkan Chrome, dan sepertinya ini adalah pertukaran yang adil untuk akses yang mudah.

Tak cukup itu saja, sepertinya fitur transkrip pada aplikasi YouTube Android ini datang melalui pembaruan sisi server. Karena hingga saat ini, fitur tersebut masih belum terlihat pada pembaruan terbaru aplikasi YouTube di Google Play Store. Oleh karenanya, Anda mungkin perlu menunggu waktu lebih lama kedepannya agar fitur Transkripsi Video bisa Anda nikmati secara langsung melalui aplikasi YouTube seluler.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.