Mau Cek Kartu BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak, Gunakan 4 Cara ini!

  • Share
Cek Kartu BPJS Kesehatan Masih Aktif Atau Tidak
Cek Kartu BPJS Kesehatan Masih Aktif Atau Tidak

Kartu BPJS Kesehatan merupakan sebuah kartu tanda kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis.

Namun tahukah Anda bahwa Kartu BPJS Kesehatan bisa aktif dan bisa saja berubah menjadi tidak aktif. Sebagai salah satu penyebabnya kartu tersebut tidak aktif yang pertama yaitu karena telat membayar iuran bulanan. Berdasarkan penjelasan dalam buku “Layanan JKN KIS”, status peserta BPJS kesehatan menjadi non-aktif sejak tanggal satu bulan selanjutnya apabila telat membayar iuran.

Oleh karenanya, jika Anda ingin mengetahui Status Kartu BPJS Anda sekarang ini, Anda dapat menggunakan beberapa cara ini untuk mengecek apakah kartu Anda masih aktif atau tidak.

Cara Mudah Cek Kartu BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

WhatsApp

Anda dapat mengecek kartu BPJS Kesehatan Anda dengan mudah melalui aplikasi WhatsApp. Apakah saat ini kartu Anda masih dalam kondisi aktif atau bahkan sudah tidak aktif. Cara ini dapat Anda lakukan sebelum Anda menggunakan kartu BPJS Anda, karena jika kartu Anda dalam status tidak aktif, maka Anda akan ditolak mendapatkan layanan kesehatan jika menggunakan kartu tersebut.

Adapun cara mengeceknya adalah dengan mengirimkan Chat atau Pesan ke nomor 0811-8750-400. Nantinya petugas akan memandu peserta untuk pengecekan data kartu Anda.

SMS

Selain aplikasi WhatsApp, Anda juga dapat mengecek kartu Anda dengan cara mengirimkan Pesan Teks (SMS) dari ponsel Anda. Cara ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan ponsel apa saja, dengan ponsel yang bukan Android pun bisa Anda gunakan. Caranya adalah kirim pesan teks berupa ‘NIK Nomor Kependudukan atau NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan‘. Jika sudah maka kirim ke nomor layanan BPJS di 087777-5500-400. Tunggu balasan dari nomor tersebut untuk dapat mengetahui status kartu Anda.

Aplikasi Mobile

Aplikasi JKN ini bisa Anda download terlebih dahulu melalui Google Play Store bagi Android, atau App Store untuk iPhone. Kemudian, lakukan registrasi dengan memasukkan nomor kartu BPJS dan alamat email. Kemudian, login dengan data yang telah Anda daftarkan tadi.

Selanjutnya masuk pada menu Tagihan, lalu Premi. Terakhir, pengguna akan mendapatkan informasi cek tagihan BPJS Kesehatan pada layar ponsel Anda.

Website

Selain 3 cara di atas, Anda juga dapat mengecek langsung melalui Website resmi BPJS Kesehatan. Kemudian, peserta diminta untuk mengisi data yang diminta. Adapun, data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. Setelah mengisi semua data klik ‘cek‘ dan data pembayaran akan keluar.

Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif, atau tidak.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.