Cara Mudah Mengaktifkan Live Caption (Teks Otomatis) di Android 12

Share

Live Caption atau Teks Otomatis adalah salah satu fitur yang mungkin sebelumnya belum pernah terlintas dalam fikiran Anda. Fitur ini dapat menuliskan teks secara otomatis yang berdasarkan suara yang Anda putar.

Sebelumnya fitur ini lebih dulu hadir pada Youtube yang merupakan salah satu layanan berbagi video paling populer saat ini. Sekarang fitur ini juga menjadi bagian fitur penting yang bisa Anda manfaatkan terutama bagi Anda yang sudah menggunakan Android 12. Nah, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkannya pada perangkat Android 12 Anda

Apa itu Live Caption?

Seperti yang penulis kutip di atas, Live Caption persis seperti teks tertulis otomatis berdasarkan suara yang diputar pada perangkat Android 12 Anda. Saat LiveCaption ini Anda aktifkan, perangkat Anda akan menampilkan teks untuk audio apa pun yang diputar dari ponsel Anda, terlepas dari apakah volume Anda benar-benar dinaikkan atau tidak.

Ini dapat menjadi fitur bermanfaat bagi Anda jika Anda perlu mendengarkan berita dengan cepat di area yang ramai sedangkan Anda tidak membawa earbud atau semacamnya. Ini juga bisa berguna jika Anda benar-benar suka menggunakan teks sebagai metode cadangan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Begini Cara Mengaktifkan Live Caption pada Android 12

Live Caption adalah fitur yang tidak hanya mudah diaktifkan, tetapi juga mudah Anda temukan. Cukup menaikkan atau menurunkan volume. Setelah Anda melakukannya, ketuk tombol teks kecil pada bagian bawah penggeser volume. Maka, notifikasi kecil akan muncul yang memberi tahu Anda Live Caption aktif.

Cara lain Anda dapat mengaktifkan Live Caption dengan menggesek ke bawah dengan dua jari dari atas layar Anda dan melihat melalui Pengaturan Cepat Anda. Anda akan melihat ubin bernama Live Caption. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetuknya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Teks Otomatis.

Mengubah Bahasa dan Menerjemahkan Live Caption

Setiap kali audio terdeteksi dan fitur ini telah aktif, maka gelembung akan muncul dengan teks untuk apa pun yang sedang diputar. Anda dapat mengetuk gelembung yang memungkinkan Anda memilih beberapa opsi. Pertama, Anda dapat mengubah bahasa teks yang diberi teks hanya dengan mengetuk bahasa saat ini di gelembung yang diperluas. Anda akan dibawa ke layar pemilihan bahasa, di mana Anda dapat memilih yang baru untuk diunduh atau diaktifkan. Saat ini, hanya ada lima bahasa yang tersedia, yaitu Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Jepang (beta).

Cara Menonaktifkan Live Caption

Ada beberapa cara berbeda untuk menonaktifkan fitur ini dengan mudah. Cara pertama, Anda dapat menggunakan cara yang sama seperti yang Anda gunakan saat akan mengaktifkannya. Cukup naikkan atau turunkan volume lalu ketuk ikon teks di bawah penggeser volume.

Cara kedua, Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan mengetuk lama gelembung dan menyeretnya ke bawah layar. Itu akan menghilang setelah Anda menyeretnya ke bawah.

Secara keseluruhan, fitur Live Caption di Android 12 bagus untuk diketahui cara mengoperasikannya. Meskipun mereka tidak diperlukan setiap saat, mereka bisa berguna lebih sering daripada tidak.

Avatar photo

Budi Van Dijk

Lucas Budi Van Dijk, geek teknologi dan gadget, ngasih insight soal dunia digital dengan gaya santai. Di blog dan sosmed, dia ulas gadget terbaru, kasih tips, dan bahas dampak teknologi. Lucas juga peduli sama balance antara digital dan alam, sering 'disconnect' buat nikmatin alam. Cerita Lucas bukan cuma soal gadget, tapi gimana teknologi bikin hidup kita lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *