Instagram Tambahkan Opsi Kontrol Orang Tua dalam Fitur ‘Family Center’

  • Share
Fitur Family Center Baru Instagram
Fitur Family Center Baru Instagram

Instagram memperkenalkan fitur Family Center baru dengan menambahkan opsi ‘kontrol orang tua’. Hal ini yang bertujuan salah satunya untuk mengatasi tantangan perusahaan yang berkembang seputar keselamatan remaja dan kesehatan mental ana muda.

Fitur tersebut pertama kalinya diumumkan pada hari Kamis dalam sebuah posting blog oleh kepala Instagram Adam Moserri yang telah vokal tentang komitmen Instagram untuk melindungi penggunanya terutama para ana muda agar tidak kecanduan dalam menggunakan media sosial terutama Instagram.

Fitur Family Center menghadirkan sejumlah fitur pengawasan orang tua ke platform. Melalui ini, orang tua akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana anak-anak mereka menggunakan aplikasi Instagram. Dalam rilis awal ini, orang tua dapat melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak mereka saat menggunakan aplikasi Instagram dan menetapkan batas. Selain itu, mereka juga dapat melihat pembaruan tentang siapa yang diikuti anak-anak mereka, akun apa yang mengikuti anak-anak mereka, dan diberi tahu jika anak-anak mereka melaporkan akun dalam aplikasi.

Bahkan tidak cukup itu saja, selain pengawasan orang tua, Instagram juga bekerja sama dengan para ahli untuk menyertakan pusat pendidikan pada Family Center. Ini nantinya yang akan memberikan tips bermanfaat tentang bagaimana orang tua dapat mendiskusikan media sosial dengan anak-anak mereka dan banyak lagi lainnya.

Dalam waktu dekat, Instagram akan menyertakan fitur tambahan yang akan memberi orang tua kemampuan untuk mengatur jam anak-anak mereka dapat mengakses aplikasi dan memberikan akses ke fitur pengawasan ke lebih dari satu orang tua.

Kontrol Orang Tua baru ini datang pada saat yang cukup bergejolak untuk Instagram, yang telah berjuang melawan klaim bahwa aplikasi tersebut merugikan kesehatan mental remaja, klaim yang tidak diragukan lagi telah dilawan oleh Instagram. Namun, perusahaan baru-baru ini meluncurkan sejumlah fitur yang ditujukan untuk menjauhkan remaja dari aplikasi setelah jangka waktu tertentu.

Meta selaku Perusahaan induk Instagram juga baru saja mengumumkan alat pengawasan VR untuk headset Quest 2 yang populer, yang akan meluncur pada bulan Mei mendatang.

Untuk saat ini, opsi pengawasan pada fitur Family Center baru Instagram hanya tersedia di AS. Namun mereka berharap dapat meluncurkannya secara global “dalam beberapa bulan mendatang.” Bagi mereka yang memiliki akses ke fitur baru, Instagram telah menyiapkan halaman dukungan untuk membantu Anda mulai memantau anak-anak Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.