Rufus 3.18: Punya Fitur Melewati Persyaratan Minimun Saat Instal Windows 11

  • Share
Rufus Download
Rufus Download

Rufus 3.18 akan segera rilis yang memiliki fitur cukup penting untuk membuat bootable instalasi Windows 11. Hal ini karena Windows 11 memiliki syarat minimun yang harus dipenuhi perangkat jika akan menginstal Windows 11.

Rufus merupakan sebuah alat untuk membuat drive Flash USB yang dapat di-boot untuk dijadikan sebuah alat instalasi. Lewat pembaruan versi 3.18 ini, Rufus menghadirkan sebuah opsi penting yang mendukung bootable untuk melewati persyaratan minimum sistem operasi Windows 11 selama pemutakhiran Inplace.

Rufus 3 18
Rufus 3 18

Rufus adalah salah satu alat open source sangat praktis yang memungkinkan Anda membuat bootable melalui USB Flash Drive. Anda dapat menggunakannya untuk membuat media instalasi Windows, untuk meng-upgrade atau menginstal Windows pada perangkat.

Windows 11 hadir tidak sama dengan Windows sebelumnya. Saat ini Windows 11 hanya dapat pengguna instal jika sebuah perangkat memiliki spesifikasi minimum dari yang Microsoft tentukan. Hal ini sebenarnya untuk membuat kinerja perangkat lebih stabil karena pada Windows 11 banyak perubahan dan juga animasi sistemnya.

Rufus 3.18, saat ini tersedia sebagai versi beta, mendukung fungsionalitas. Seluruh proses pembuatan media yang dapat di-boot kurang lebih sama seperti versi sebelumnya.

Berikut Cara Membuat Bootable Windows 11 dengan Rufus 3.18

1. Silahkan unduh Rufus 3.18 Beta atau yang lebih baru, saat dirilis, dari situs web proyek GitHub.
2. Jalankan aplikasi sama seperti biasanya.
3. Masukkan perangkat USB yang ingin Anda ubah menjadi media yang dapat di-boot ke dalam PC.
4. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki file .iso terlebih dahulu pada komputer Anda. Jika Anda sudah memiliki image ISO Windows 11, klik tombol Select pada Rufus yang telah Anda buka dan pilih .iso menggunakan file browser yang terbuka.
5. Selanjutnya Anda dapat beralih dari Instalasi Windows 11 Standar (TPM 2.0 + Boot Aman) ke Instalasi Windows 11 yang Diperpanjang (tanpa TPM / tanpa Boot Aman) melalui opsi “Image Option“.
6. Jika sudah, maka pilih tombol Start untuk memulai membuat media Windows 11 yang dapat di-boot dan tunggu hingga prosesnya selesai (biasanya cara ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit).

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.