Apa Itu Pialang Asuransi dan Manfaatnya

  • Share
Mengenal Pialang Asuransi Dan Manfaatnya
Mengenal Pialang Asuransi Dan Manfaatnya

Banyak masyarakat Indonesia yang mungkin ingin punya asuransi tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya, itulah mengapa hadir pialang asuransi atau broker.

Dengan adanya broker, masyarakat bisa terbantu baik saat membeli produk asuransi dari mulai tahap daftar dan pengisian form, hingga proses klaim setiap kali ada masalah. Sehingga, sebagai nasabah, Anda akan mendapatkan hak dari polis asuransi tersebut sepenuhnya.

Adanya pialang asuransi juga bisa membuat Anda terhindar dari asuransi penipu yang terlihat menyakinkan di mata masyarakat awam padahal perusahaan aslinya tidak jelas.

Jika Anda penasaran siapa itu pialang asuransi dan apa saja tugasnya, mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel berikut ini.

Apa itu Pialang Asuransi?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pialang asuransi adalah agen atau perusahaan pihak ketiga yang membantu masyarakat dalam mengurus asuransi.

Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa mengurus asuransi prosesnya agak rumit, khususnya jika dilakukan secara pribadi. Kebanyakan masyarakat yang bekerja di perusahaan tertentu rata-rata memiliki asuransi yang didaftarkan dari perusahaan mereka.

Itulah mengapa, broker asuransi seperti Lifepal dan Duitpintar hadir untuk membantu masyarakat memiliki asuransi tanpa harus bolak-balik kantor cabang karena dokumen yang salah atau belum lengkap.

Broker asuransi juga akan memabantu ketika Anda ingin melakukan klaim asuransi agar hasilnya sesuai dengan hak yang nasabah harus terima.

Apa Bedanya Agen Asuransi dengan Pialang Asuransi?

Agen asuransi dan pialang atau broker asuransi sebenarnya sama-sama agen pihak ketiga yang bekerja di dunia asuransi.

Bedanya, agen asuransi mewakili perusahaan yang menyediakan asuransi dan menawarkan produk asuransi ke masyarakat. Sedangkan broker asuransi mewakili masyarkat atau nasabah yang ingin mendaftar dan klaim asuransi ke perusahaan.

Broker asuransi diatur dan berdiri di atas landasan hukum yang jelas. Sehingga mereka bisa menuntut serta mendapatkan perlindungan hukum bila hak nasabah tidak dipenuhi oleh perusahaan asuransi karena alasan tertentu.

Sedangkan agen asuransi tidak bisa melakukan hal tersebut, walaupun agen asuransi juga sama-sama punya payung hukum yang jelas.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Pialang Asuransi?

Secara garis besar, broker asuransi bekerja untuk membantu Anda. Artinya Anda tidak akan merasakan kerugian apapun, kecuali mengeluarkan biaya bulanan lebih besar untuk pihak broker.

Namun jika Anda masih ragu, berikut ini adalah keuntungan yang bisa dirasakan bila menggunakan broker asuransi.

Hemat Waktu dan Tenaga

Karena proses klaim yang kadang agak lama dan rumit, adanya broker asuransi akan sangat menghemat waktu Anda. Apalagi untuk klaim asuransi kesehatan, di mana Anda atau anggota keluarga mungkin sedang merasa panik karena masalah yang terjadi.

Oleh karena itu, dengan jasa pialang Anda bisa memfokuskan waktu dan tenaga ke anggota keluarga yang sedang sakit, atau bahkan fokus istirahat jika Anda adalah pasiennya.

Semua urusan klaim akan ditangani oleh broker sampai uangnya cair.

Menghindari Penipuan Asuransi

Broker asuransi adalah tim yang sudah berpengalaman belasan bahkan puluhan tahun dalam dunia asuransi. Jadi sudah jelas mereka tahu mana asuransi yang bisa dipercaya dan mana yang punya niat menipu.

Tim dari broker asuransi juga punya catatan latar belakang setiap perusahaan asuransi yang ingin nasabahnya ikuti. Sehingga mereka bisa menghitung besar-kecilnya resiko bila menggunakan produk dari perusahaan asuransi tersebut.

Mendapatkan Tips dari Profesional

Masih berhubungn dengan poin sebelumnya, pengalaman para broker dalam menangani klaim asuransi juga membantu Anda menghindari pelanggaran yang bisa menghanguskan klaim.

Salah satu contohnya jika mobil terendam banjir dan ingin mengajukan klaim, nasabah tidak boleh mencoba menyalakan mobil dulu.

Sebab, mencoba menyalakan mobil akan membuat klaim tidak diterima karena kerusakan sudah dianggap sebagai kecerobohan sendiri, bukan lagi karena bencana alam.

Tips-tips seperti ini pastinya tidak semua orang tahu. Namun para broker yang sudah bertahun-tahun menangani masalah klaim lebih mengerti apa yang bisa menghanguskan hak pemegang polis.

Jadi apakah Anda merasa perlu menggunakan pialang asuransi? Kalaupun tidak, proses daftar asuransi sebenarnya sudah bisa dilakukan online dari rumah lewat situs Lifepal. Sehingga tidak serumit dan selama zaman dulu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.