Wajib Diketahui, Inilah 8 Deretan Ponsel dengan Radiasi Tertinggi

  • Share
Ponsel Dengan Radiasi Tertinggi
Ponsel Dengan Radiasi Tertinggi

Tahukah Anda bahwa setiap smartphone memiliki tingkat radiasi yang berbeda-beda. Semakin tinggi tingkat radiasi yang dihasilkan oleh setiap ponsel, maka akan semakin besar pula resiko yang akan berpengaruh pada kesehatan Anda.

Setiap ponsel pasti akan memancarkan radiasi Radio Frequency (RF). Akan tetapi, Radiasi yang dipancarkan merupakan suatu bentuk radiasi elektromagnetik yang dapat diserap oleh jaringan tubuh saat berdekatan dengan alat tersebut. Sedangkan jumlah radiasi RF yang dapat dipaparkan kepada pengguna ponsel tergantung pada banyak faktor. Smartphone merupakan perangkat elektronik yang bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Gelombang itulah yang dapat menghasilkan radiasi dan menyebar ke segala arah, termasuk kepada tubuh penggunanya.

Seperti mengutip dari situs BanklessTimes melakukan penelitian untuk melihat deretan ponsel yang memiliki radiasi tinggi. Dalam hal ini setidaknya, ada beberapa deretan ponsel yang dimasukkan ke daftar ponsel yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar ponsel tersebut berisi merek seperti Google, Sony, OPPO, ZTE, OnePlus, dan Motorola.

Inilah 8 Deretan Ponsel dengan Radiasi Tertinggi

Menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

  • Motorola Edge: 1,79 W/Kg
  • ZTE Axon 11 5G: 1,59 W/Kg
  • OnePlus 6T: 1,55 W/Kg
  • Sony Xperia XA2 Plus: 1,41 W/Kg
  • Google Pixel 3XL: 1,39 W/Kg
  • Oppo Reno5 5G: 1,37 W/Kg
  • Sony Xperia XZ1 Compact: 1,36 W/Kg
  • OnePlus 6: 1,33 W/Kg

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, Motorola Edge sebagai salah satu ponsel dengan radiasi tertinggi dengan nilai SAR 1,79 W/Kg, kemudian diikuti ZTE Axon 11 5G dengan skor SAR 1,59 W/Kg. Sementara itu, ponsel besutan Google juga masuk ke dalam daftar ini yakni Google Pixel 3XL dengan nilai SAR 1,39 W/Kg, disusul OnePlus 6 dengan nilai SAR paling rendah, yakni 1,33 W/Kg.

Oleh karenanya, terkait dengan pengaruh radiasi ponsel pada tubuh, berikut ini beberapa dampak radiasi ponsel pada tubuh yang bisa Anda ketahui lebih dini.

Dampak Radiasi Ponsel pada Tubuh

Pengaruh Radiasi Ponsel Pada Tubuh
Pengaruh Radiasi Ponsel Pada Tubuh from jalantikus

Ada banyak dugaan bahaya radiasi yang diakibatkan oleh ponsel. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang dapat disebabkan oleh radiasi ponsel antara lain:

Tingkat Kesuburan

Banyak orang, terutama pria, sering kali meletakkan ponsel pada saku celana. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan.

Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Ada dugaan bahwa ibu hamil yang terpapar radiasi handphone berisiko mengalami kelahiran prematur. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena bayi yang terlahir prematur bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain selama kehamilan.

Pengaruhnya Tumbuh Kembang Anak

Anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan akibat radiasi ponsel. Hal ini karena sistem saraf anak-anak masih berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.