Pelaksanaan Sidang Isbat akan Digelar Besok 1 Mei 2022, Berikut Jadwal Lengkapnya!

  • Share
Pelaksanaan Sidang Isbat Akan Digelar Besok 1 Mei 2022
Pelaksanaan Sidang Isbat Akan Digelar Besok 1 Mei 2022

Mengutip dari KBBI, ‘Isbat’ berarti sebuah penetapan ataupun penentuan. Kaitannya dengan sidang Isbat yang akan digelar besok, tepatnya pada Minggu, 1 Mei 2022 merupakan sidang yang dilakukan untuk menetapkan atau menentukan awal bulan dalam kalender Hijriyah. Dalam hal ini adalah penepatan 1 Syawal 1443 H atau pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Sebagai diketahui dari laman kemenag, Sidang Isbat Penetepan Idul Fitri 2022 akan digelar oleh Kementerian Agama pada Minggu, 1 Mei 2022 besok. Adapun pelaksanaannya akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag dengan agenda penting pembahasan penetapan Syawal 1443 H. Selain mengundang organisasi kemasyarakatan Islam hingga para duta besar negara sahabat, dalam sidang ini juga turut mengundang Komisi VIII DPR, akademisi, pimpinan pondok pesantren dan para pakar astronomi maupun ahli falak.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, pelaksanaan sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1443 H akan dilaksanakan secara hybrid, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian akan mengikuti secara daring melalui zoom meeting. Kamaruddin juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat menyaksikan sidang secara langsung melalui TVRI, RRI dan juga melalui media sosial Kemenag.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2022 atau 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Namun, Pemerintah baru akan menetapkan 1 Syawal 1443 H berdasarkan hasil sidang Isbat yang akan berlangsung pada Minggu malam (malam Senin).

Biasanya pelaksanaan sidang Isba akan didahului dengan seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag berdasarkan pemantauan hilal dari berbagai lokasi yang sudah ditentukan. Melansir dari situs resmi Kemenag, pemantauan hilal Penetapan 1 Syawal 1443 H akan tersebar di 34 provinsi dan 99 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah itu, hasil sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 H akan diumumkan melalui konferensi pers Kementerian Agama yang biasanya akan disiarkan oleh semua saluran TV Nasional.

Di Indonesia sendiri, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” tuturnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.