Realme 9 4G, HP Pertama yang Mendukung Kamera 108MP dengan Sensor ISOCELL HM6

  • Share
Spesifikasi Realme 9 4G
Spesifikasi Realme 9 4G

Perusahaan smartphone asal Beijing, China ini telah berhasil meluncurkan ponsel barunya dengan dukungan sensor kamera 108MP ISOCELL HM6 untuk pertama kalinya. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang gahar dikelasnya, bahkan yang menarik dari sisi sektor fotografinya.

Realme 9 4G ini menjadi amunisi baru yang masuk dalam keluarga realme 9 Series. Beberapa diantaranya adalah realme 9 Pro, realme 9 Pro+ dan varian edisi terbatas Free Fire-nya. Namun begitu, kehadiran realme 9 4G datang dengan spesifikasi yang lebih rendah dari pada pendahulunya, hal ini tentunya dengan banderol harga yang juga lebih murah ketimbang keluarga realme 9 series lainnya.

Meski begitu, ponsel baru realme ini tidak bisa dipandang sebelah mata dari keluarga realme 9 lainnya. Meski berada dalam banderol harga yang lebih murah, namun spesifikasi yang dibawanya tak cukup mengecewakan.

Realme 9 4G
Realme 9 4G

Sebut saja penggunaan layar Super AMOLED 90Hz, baterai 5000mAh dengan pengisian cepat 33W, dan yang paling diunggulkan dalam seri ini adalah adanya sensor kamera 108MP dan menjadi yang pertama di dunia membawa sensor ISOCELL HM6 milik Samsung. Jika melihat dari detail kamera yang dibawanya, maka tidak salah jika realme 9 4G nantinya berpotensi menjadi ponsel dengan kamera terbaik di segmen harganya.

Bagaimana menurut Anda, apakah ini ponsel ini layak menjadi ponsel pilihan Anda di harga 2-3jutaan di tahun 2022. Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda pahami.

Spesifikasi Lengkap Realme 9 4G

#1 Desain

Desain
Desain

Memiliki desain yang terbilang cukup ringkat membuat ponsel ini bisa bersaing dikelasnya. Apalagi bobotnya yang tergolong ringan yang hanya 178 gram membuat ponsel ini nyaman untuk Anda bawa beraktifitas diluar rumah.

Pada bagian belakangnya terdapat modul berisi tiga buah kamera yang lebih menonjol dari permukaan dan salah satu sensornya adalah 108MP sebagai kamera utamanya. Kemudian pada bagian bawahnya terdapat lubang speaker, port USB C, mikrofon dan port headset 3,5mm.

Bodi belakang ponsel ini terbuat dari polikarbonat yang memiliki kilauan dan permukaan halus layaknya kaca kualitas tinggi, namun bukan terbuat dari kaca. Ponsel ini memiliki tiga pilihan warna yaitu emas dan putih dengan motif Ripple Holographic Effect dan ada juga warna Hitam Meteor.

#2 Layar

Layar Super AMOLED
Layar Super AMOLED

Realme 9 4G memiliki layar Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci, resolusi FHD+ atau 2400×1080 piksel. Layar ini juga mendukung refresh rate 90Hz dan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, touch sampling rate yang mencapai 360Hz, membuat tampilannya mulus dan juga responsif untuk main game.

Menambah nilainya, layar realme 9 4G ini mendukung sensor detak jantung yang menyatu dengan sensor sidik jari yang ada di layarnya dan bisa ditemukan pada menu realme Labs melalui Pengaturan.

#3 Chipset

Qualcomm Snapdragon 680
Qualcomm Snapdragon 680

Ponsel ini memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan proses febrikasi 6nm yang tercanggih di kelasnya. Dengan chip Qualcomm 4G baru, diklaim mampu meningkatkan performa smartphone terutama ketika bermain game. Smartphone ini juga hadir dengan opsi RAM 6/8GB dan Penyimpanan internal 128GB. Dalam kotak, ponsel ini menjalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12.

#4 Kamera

Kamera 108MP ISOCELL HM6
Kamera 108MP ISOCELL HM6

Hal paling menarik dari ponsel ini adalah dukungan kamera utama 108MP dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 untuk pertama kalinya di dunia. Sensor kamera lainnya, terdapat lensa super-wide, dan lensa makro. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP.

Bahkan dalam hal ini Perusahaan mengatakan bahwa kamera realme 9 4G ini mengusung teknologi Nonapixel Plus, sebuah teknologi yang menggabungkan 9 piksel menjadi satu guna menciptakan sensitivitas cahaya redup dan pengendalian noise yang lebih baik, dan mampu menghasilkan pemotretan malam hari yang baik.

Selain itu kamera ini dilengkapi dengan PDAF, tingkat akurasi fokus sensor ISOCELL HM6 sendiri 9 kali lebih tinggi dari generasi sebelumnya, HM2. Fitur fotografi lainnya adalah Street photography Mode 2.0 yang mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an.

#5 Baterai

Demi mendukung kinerjanya yang tahan lama, ponsel ini memiliki baterai dengan kapasitas 5.000mAh yang ditambah dengan dukungan 33W Dart Charge. Kapasitas ini sudah teruji untuk menyuplai tenaga ponsel selama seharian beraktivitas. Bahkan realme memberi perbandingan bahwa realme 9 4G mampu bertahan hingga 48 jam untuk panggilan telepon dan 18 jam untuk video.

Dengan begitu, untuk mengisi daya smartphone dapat terisi penuh 50% hanya dalam waktu 31 menit menggunakan adaptor bawaan.

Harga dan Ketersediaan

Untuk harga, realme 9 4G ditawarkan dengan dua varian. Varian pertama dengan kombinasi RAM 6 dan Penyimpanan Internal 128GB, dibanderol dengan harga Rp. 2.999.000 (SRP. Rp 3.399.000), secara Ekslusif melalui pembelian Online. Sedangkan varian kedua, kombinasi RAM 8 dan Penyimpanan Internal 128GB, dibanderol dengan harga Rp. 3.599.000, (Cashback Rp 100 ribu), secara Ekslusif melalui pembelian Offline.

Keduanya akan tersedia secara pre-order mulai 16-22 April 2022 besok.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.