Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp

  • Share
Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain Dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp
Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain Dengan Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Tahukah Anda, jika WhatsApp bukan hanya sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling populer di berbagai kalangan. Melainkan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda dapat mengetahui lokasi orang lain dimanapun mereka berada.

WhatsApp menjadi semakin populer dengan banyaknya fitur yang membuat pengguna enggan untuk berpaling dari aplikasi lain. Terutama yang paling penting adalah fitur keamanan privasi pengguna yang tetap menggunakan ekripsis end-to-end. Sehingga tidak ada satupun yang dapat mengetahui isi percakapan mereka kecuali hanya mereka berdua saja.

Untuk dapat mengetahui lokasi seseorang, WhatsApp memiliki fitur berbagi lokasi bahkan lokasi secara realtime kemanapun Anda pergi. Walaupun juga banyak aplikasi lain yang memiliki fitur tersebut, namun hal ini tidak selengkap fitur berbagi lokasi yang ada pada WhatsApp.

Pada WhatsApp, untuk berbagi lokasi dengan orang lain memiliki banyak opsi, salah satunya terkait dengan durasi waktu yang akan Anda berikan kepada orang lain untuk dapat mengetahui lokasi Anda secara realtime. Misalnya Anda dapat berbagi lokasi selama 15 menit, 1 jam, atau 8 jam atau bisa hanya sekali saja.

Nah untuk itu, berikut ini Penulis berikan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin mengetahui lokasi seseorang dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.

Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain Lewat Aplikasi WhatsApp

Jika Anda berniat untuk mengetahui lokasi orang lain, pacar, teman dekat ataupun sahabat, maka Anda bisa meminta baik-baik kepada mereka untuk mengirimkan lokasinya kepada Anda.

  1. Buka percakapan atau grup pada WhatsApp yang ingin Anda berbagi lokasi, jika Anda sendiri ingin mengirimkan lokasi Anda kepada orang lain. Lalu tekan simbol berbagi dokumen atau attach file. Kemudian klik Lokasi atau Location pada opsi yang tersedia.
  2. Lalu pilih Bagikan Lokasi Live (Share Live Location) atau Kirim Lokasi Anda Saat Ini (Send Your Current Location)
  3. Jika memilih lokasi langsung, pilih durasi untuk berbagi lokasi dan klik kirim. Anda dapat berbagi lokasi selama 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.
  4. Selain melakukan Share Live Location, Anda juga bisa mengetahui lokasi seseorang menggunakan Command Prompt dengan memanfaatkan WhatsApp Web.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengetahui lokasi orang lain, silahkan chat atau kirim pesan kepada mereka untuk bisa mengirimkan lokasinya kepada Anda sama seperti Anda mengirimkannya kepada orang lain.

Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain Lewat WhatsApp Web

Anda juga dapat memanfaatkan WhatsApp Web dengan bantuan Command Prompt pada laptop/PC Anda untuk mengetahui lokasi orang lain, begini caranya:

  1. Buka WhatsApp Web dan mulai obrolan dengan orang yang ingin Anda lacak untuk mendapatkan alamat IP mereka. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang (kecuali browser yang Anda gunakan) untuk mencegah gangguan pada proses.
  2. Kemudian pada keyboard Anda, tekan Ctrl + Alt + Delete untuk membuka Pengelola Tugas atau Task Manager.
  3. Selanjutnya tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka fungsi Run pada keyboard. Ketik Cmd lalu tekan Enter.
  4. Pada Command Prompt yang muncul, ketik netstat-an lalu tekan Enter. Catat alamat IP yang muncul sebelum menutup command prompt.
  5. Kemudian Anda dapat membuka situs IP Tracker untuk melacak lokasi orang tersebut menggunakan IP yang sudah Anda ketahui.
  6. Terakhir, Anda tinggal masukkan alamat IP untuk mengetahui perkiraan lokasi seseorang.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.