3 Cara Mudah Membuat File PDF di Ponsel Android

  • Share
Membuat File PDF Di Android
Membuat File PDF Di Android

Zaman sekarang ini file PDF menjadi sebuah file penting yang lebih banyak dibutuhkan dari pada jenis file lainnya. Karena salah satu kelebihan dari file PDF ini adalah tidak bisa mengubah isi dokumen yang telah berformat PDF. Jadi tidak heran jika banyak orang mencari tahu bagaimana cara membuat file PDF. Seperti halnya ketika Anda mengirimkan berkas secara online, file yang diminta biasanya harus berjenis file PDF.

Membuat file PDF tidak hanya aman, terkompresi, dan konsisten. Namun format file ini juga mudah dibuat menggunakan ponsel Anda. Anda dapat membuat file PDF menggunakan ponsel Anda dalam hitungan detik tanpa ribet. Ini dapat Anda lakukan melalui Google Documents, menggunakan Google Foto jika file Anda berbentuk gambar, dan menggunakan web online yang tersedia banyak dan kompatibel dengan ponsel Android.

Jadi jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat file PDF menggunakan ponsel Android, berikut ini panduan langkah demi langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat File PDF di Ponsel Android

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat file PDF di ponsel Anda dalam hitungan detik. Saat ini, sebagian besar ponsel dilengkapi dengan perangkat lunak PDF yang sudah terinstal sebelumnya, sehingga menghemat waktu Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi pembuat file PDF di ponsel Android. Meskipun demikian, Anda dapat menggunakan Google Documents untuk dokumen, Google Foto untuk gambar, dan sejumlah alat web online untuk membuat PDF di ponsel Anda.

Menggunakan Google Dokumen

Anda dapat menggunakan Google Documents untuk membuat file PDF pada ponsel Android dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Google Docs. Jika Anda tidak memilikinya, buka Google Play Store dan ketik Google Documents. Cari dan instal terlebih dahulu.
2. Untuk membuat PDF baru, klik tanda plus (+) pada bagian bawah dan pilih dokumen atau template baru.
3. Klik menu tiga titik pada sudut kanan atas setelah Anda selesai membuat dokumen baru.
4. Ketuk Bagikan & Ekspor dan pilih Simpan Sebagai lalu Pilih Format sebagai Dokumen PDF (.pdf) dan klik Ok.

Menggunakan Google Photos

Anda dapat menggunakan Google Foto untuk mengubah jenis gambar ke file PDF. Satu-satunya kekurangan adalah Anda tidak dapat menggunakannya untuk banyak gambar. Anda hanya bisa membuatnya untuk 1 gambar saja.

1. Buka Google Foto. Jika Anda belum mempunyai aplikasi tersebut, cari dan instal melalui Google Play Store.
2. Sekarang buka gambar yang Anda inginkan, pilih menu tiga titik pada bagian pojok kanan atas.
3. Pilih Cetak dan klik Simpan Sebagai PDF. Selanjutnya, klik ikon unduh PDF yang ada pada sisi kanan atas.
4. Ketik nama PDF pada ponsel Anda dan klik Simpan.

Menggunakan Web Online

Ada banyak web online yang tersedia bagi Anda untuk membuat file PDF secara langsung dari ponsel Anda. Alat web ini bekerja hampir dengan cara yang sama untuk membuat file PDF pada ponsel Anda. Namun untuk membuat PDF, Anda harus lebih dulu memiliki file dengan jenis apapun. Seperti Word, Excel, maupun bentuk gambar.

1. Buka web online penyedia layanan untuk membuat file PDF (daftar web online ada di bawah)
2. Pilih atau seret file dari opsi yang tersedia (Klik tanda plus dan pilih antara Kamera, Galeri, dan File)
3. Alat web online akan secara otomatis mengubahnya menjadi PDF. Selanjutnya Anda tinggal mengunduh file dalam format PDF ke ponsel Anda.

Berikut daftar web online populer yang dapat Anda gunakan untuk membuat file PDF.

  1. SMALLPDF
  2. PDF24
  3. PDF escape
  4. HiPDF
  5. Adobe

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.