Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Belanja Online yang Sering Menguras Kantong

  • Share
Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Belanja Online
Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Salah satu tren belanja masa kini adalah Belanja Online yang notabene bisa dilakukan dimana saja dan tidak harus keluar rumah. Jadi bagi Anda yang males keluar rumah mencari barang yang ingin Anda beli, seperti halnya baju dan lainnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah di rumah.

Apalagi dengan semakin banyaknya situs e-commerce, pelelangan online, dan fasilitas kredit tanpa kartu membuat banyak orang semakin mudah mengeluarkan uang untuk berbelanja. Berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan tersebut tidak masalah untuk digunakan, jika Anda paham dengan batas wajarnya.

Kendati begitu, ada masalah besar yang kerap terjadi belakangan ini terkait dengan hadirnya Belanja Online yang bisa dilakukan dimana saja dan tak mengenal tempat, yakni Kecanduan. Kecanduan merupakan penyakit yang harus dihilangkan dalam diri seseorang jika sudah terjangkit. Apalagi jika Anda kecanduan belanja online yang tak paham batas wajar. Belanja Online memang hal yang mudah, namun Anda harus mengetahui batas-batas yang perlu Anda lakukan ketika ingin belanja online.

Jika kebiasaan ini tetap terjadi pada diri Anda, maka tentu akan sangat mengganggu berbagai pengeluaran lain yang lebih penting. Cara terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan melatih diri Anda mengurangi kecanduan berbelanja online. Oleh karenanya, Penulis akan berbagi cara mudah dan ampuh mengatasi kecanduan belanja Online yang nantinya akan dapat menguras kantong Anda.

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online yang Sering Menguras Kantong

Catat Pengeluaran Keuangan Anda

Catat Pengeluaran Keuangan Anda
Catat Pengeluaran Keuangan Anda
Dengan mencatat pengeluaran, maka akan bisa membantu Anda menyadari apa saja yang sudah Anda beli. Buat rencana dari setiap kehidupan Anda, apalagi terkait soal belanja. Anda mungkin ingin membeli barang-barang tersier yang harganya ramah di kantong. Namun jika dilakukan setiap hari, tentunya pengeluaran Anda akan membengkak. Maka, dari itu, sangat penting untuk mencatat setiap uang yang dikeluarkan ketika berbelanja online, meski harganya terbilang ‘receh’. Anda bisa jadi terkejut saat melihat catatan belanja online bulanan.

Hati-hati dengan Iming-Iming Ongkos Kirim Gratis

Hati Hati Dengan Iming Iming Ongkos Kirim Gratis
Hati Hati Dengan Iming Iming Ongkos Kirim Gratis

Bebas ongkos kirim tampaknya memang menggoda untuk membuat Anda selalu berbelanja. Beberapa situs belanja orang ada juga yang menawarkan ongkos kirim dengan syarat pembelanjaan dibatasi dari minimal tertentu. Tanpa ongkos kirim, tampaknya berbelanja jadi lebih murah. Namun, coba dihitung kembali, bandingkan dengan benda yang dijual offline.

Blokir Situs atau Aplikasi Belanja Online Anda

Blokir Situs Atau Aplikasi Belanja Online Anda
Blokir Situs Atau Aplikasi Belanja Online Anda

Hal ini perlu kesadaran dalam diri untuk tidak selalu membuka layanan atau aplikasi yang menyediakan belanja online. Bahkan Anda dapat melakukan pemblokiran situs belanja online bisa Anda lakukan melalui browser atau menggunakan software untuk memblokirnya secara otomatis.

Atur Selalu Budget Anda

Atur Selalu Budget Anda
Atur Selalu Budget Anda

Kadang kala, belanja online dipilih sebagai cara melepaskan stres. Cara ini tidak salah, asal tidak jadi ketagihan belanja online. Supaya tak ketagihan, tetapkan batasan pengeluaran untuk belanja online setiap minggu atau bahkan setiap bulannya. Sebaiknya, pastikan juga bahwa barang yang Anda beli memang benar-benar Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.