Tidak Dapat Berbicara Bahasa Inggris? Berikut Cara Mudah Menggunakan Google Translate

  • Share
Google Translate
Google Translate

Menerjemahkan bahasa merupakan sebuah keterampilan yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi, situs web, alat, dan perangkat. Akan tetapi jika Anda perlu menerjemahkan menu atau tanda, menyalin percakapan, mendiktekan teks dalam bahasa lain, atau berbicara dengan seseorang yang berbicara bahasa lain, Google menyediakan aplikasi yang mampu menerjemahkannya melalui perangkat Android.

Aplikasi Google Translate dapat menerjemahkan puluhan bahasa, baik melalui teks maupun suara. Anda cukup mengetik, menulis, atau berbicara ke dalam aplikasi. Bahkan aplikasi ini memungkinkan Anda mengarahkan ponsel cerdas Anda ke tanda atau menu yang ditulis dalam bahasa asing untuk melihat terjemahannya secara langsung.

Berikut Cara Menggunakan Aplikasi Google Translate di Android

Google Translate atau Google Terjemahan berfungsi tidak hanya pada Android bahkan pada perangkat iOS/iPadOS milik Apple. Pengguna iPhone dan iPad akan menemukannya aplikasi ini secara langsung melalui App Store Apple, sementara pengguna Android dapat mendownloadnya dengan mudah dari Google Play Store. Keduanya menawarkan fitur yang kira-kira sama tetapi dengan tata letak yang agak berbeda.

Anda dapat menerjemahkan teks dengan cara diketik ke dalam 100 bahasa yang berbeda, melihat terjemahan gambar dalam sekitar 90 bahasa, menerjemahkan percakapan dwibahasa dengan cepat dalam 43 bahasa, dan menggambar teks untuk terjemahan dalam 95 bahasa. Selain itu, terjemahan offline juga tersedia untuk banyak bahasa yang bisa Anda gunakan. Plus, Anda dapat menyimpan kata dan frasa yang diterjemahkan untuk digunakan pada masa mendatang.

Selain bahasa Inggris, contoh kecil dari banyak bahasa yang didukung oleh aplikasi ini termasuk Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Yunani, Cina, Jepang, Korea, Latin, Arab, Rusia, Ibrani, dan Yiddish.

Cara Melakukan Translate Teks

Cara Menggunakan Google Translate
Cara Menggunakan Google Translate

Jika Anda menginginkan terjemahan bahasa Italia dari frasa bahasa Inggris. Ketuk nama bahasa saat ini pada sisi kiri dan pilih bahasa Inggris sebagai bahasa sumber. Ketuk nama bahasa pada sebelah kanan dan pilih bahasa Italia sebagai bahasa target. Selanjutnya, ketuk bidang yang bertuliskan Masukkan teks dan mulailah mengetik kata atau frasa bahasa Inggris yang ingin Anda terjemahkan.

Atau Anda juga bisa dengan cara ketuk ikon pena dan tulis frasa dalam bahasa Inggris satu karakter pada satu waktu menggunakan jari atau stylus Anda. Saat Anda mengetik atau menulis karakter pada layar, aplikasi akan memprediksi apa yang Anda rencanakan untuk ditulis secara lengkap dengan menampilkan kemungkinan kombinasi kata dan huruf. Lanjutkan menulis atau pilih salah satu kata yang disarankan jika cocok dengan yang ingin Anda masukkan. Pada titik tertentu, aplikasi mungkin menyarankan seluruh frasa yang ingin Anda masukkan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.